Jayapura (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB) PON XX Papua memastikan semua peralatan cabang olahraga biliar hingga saat ini sudah terpasang 100 persen di arena klaster Kabupaten Mimika, Papua.

Technical Delegate cabang biliar PON XX Papua Robby Suarly melalui laman PB PON Papua, Kamis, mengatakan, meja biliar yang akan digunakan di PON Papua adalah meja pertandingan biliar kelas dunia.

"Untuk pertama kali cabang olahraga biliar di PON menggunakan official table kejuaraan dunia,"ungkap Robby.

Robby mengatakan, ada tiga jenis meja berkualitas dunia yang akan digunakan di PON XX Papua, di antaranya jenis meja untuk nomor pertandingan yang berbeda, yakni meja Pool Wiraka Dynasty untuk nomor 2 Pool.

Baca juga: Arena PON XX Papua telah siap 100 persen

Meja biliar jenis ini, lanjut Robby, merupakan meja yang secara resmi (official table) digunakan di kejuaraan dunia nomor Nine-Ball yang beberapa kali dilaksanakan di Qatar

Kemudian meja snooker Wiraka M.1 untuk nomor 2 Snooker dan English Billiard, menurut Robby, dimana meja ini adalah meja resmi (official table) kejuaraan Asia ACBS (Asian Confederation of Billiard Sports) dan official table IBSF (International Billiards & Snooker Federation).

Meja yang ketiga, tambah Robby, adalah jenis meja carom Hollywood Pro Am – V meja buatan Korea Selatan, salah satu meja carom terbaik di Asia.

"Kami apresiasi PB PON dan pemerintah Papua, karena bisa menghadirkan meja berkelas dunia pada event PON tahun ini, mejanya berkualitas dunia bahkan untuk pertama kalinya pertandingan dilakukan di gedung khusus untuk olahraga biliar. Gedung berlokasi di Mimika ini adalah gedung biliar pertama untuk kegiatan olahraga multi event di Indonesia,"ujarnya.

Baca juga: PB PON Papua pastikan venue-venue berkelas dunia siap digunakan

Robby berharap, dengan fasilitas meja yang kelas dunia ini ke depan akan lahir atlet-atlet talenta muda Papua yang berkualitas.

"Ketika sarana peralatan dan perlengkapan sudah berstandar kejuaraan Asia dan dunia, selanjutnya diharapkan dapat melahirkan prestasi Asia dan dunia,"ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama CV Carabao Indonesia Hendra Kurniawan mengakui, untuk menyiapkan dan menginstalasi peralatan meja biliar kurang lebih 10 hari dengan teknisi didatangkan langsung dari Jakarta.

"Pemasangan sudah selesai bahkan telah dilakukan pemeriksaan oleh tim PB PON Papua, tapi saya akan tempatkan dua orang teknisi pertandingan biliar berlangsung,”katanya.

Menurut Hendra, meja biliar yang akan digunakan di PON tidak perlu diragukan lagi karena mejanya berkelas dunia.

"Karena merknya dipakai pada beberapa kejuaraan biliar di Asia maupun dunia,"ujarnya.

Sekretaris Umum Sub PB PON Mimika Cesar A. Tunya menyatakan, peralatan biliar sudah terpasang di arena/venue dengan persetujuan dari Ketua Umum Sub PB PON Mimika Bupati Eltinus Omaleng.

Baca juga: Kalbar targetkan dua medali emas dari cabang biliar PON-XX


"Sub PB PON Mimika sudah memberikan ijin kepada PB PON Papua untuk memasukan semua peralatan ke venue, dan pekan depan peralatan basket juga akan tiba di Mimika,"akunya.

Cesar mengaku, selama pemasangan meja biliar di venue didampingi langsung Technical Delegate cabor biliar PON XX Papua Robby Suarly dan tim dari Sub PB PON Mimika.

"Untuk peralatan biliar sudah selesai, kami bersama pemeriksa PB PON juga sudah melakukan pemeriksaan secara bersama-sama,” tambahnya.

PON XX Papua berlangsung 2-15 Oktober 2021 mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga, 679 nomor pertandingan di empat klaster di antaranya Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021