ASN Ditjen Pendidikan Islam harus mendukung upaya pemerintah menggencarkan vaksinasi bagi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) menjadi duta vaksinasi serta 3M; memakai masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan di lingkungannya masing-masing.

"ASN Ditjen Pendidikan Islam harus mendukung upaya pemerintah menggencarkan program vaksinasi bagi masyarakat. ASN Ditjen Pendis diharapkan bisa menjadi duta vaksin bagi masyarakat sekitar," ujar Dirjen Pendis Kemenag M. Ali Ramdhani dalam keterangan tertulisnya diterima di Jakarta, Kamis.

Ali mengatakan para ASN itu ditugaskan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi manfaat vaksin kepada masyarakat. Hal ini bertujuan agar target vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok bisa segera terwujud.

Baca juga: Kemenag segera gelar pertemuan bahas penyelenggaraan umrah

Berdasarkan data Satgas COVID-19 pada Rabu, total vaksinasi dosis pertama mencapai 45.734.912 dan total vaksinasi dosis kedua berjumlah 19.103.162. Angka ini masih jauh dari target sasaran vaksinasi nasional yang mencapai angka 208.265.720 jiwa.

Maka dari itu, ASN harus menyosialisasikan program dan kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran COVID-19. ASN Pendis juga harus dan mampu memfilter berita-berita hoaks tentang vaksin.

Baca juga: Kemenag laporkan 111 ribu pelamar daftar CASN 2021

"Ikhtiar lahiriah perlu diperkuat dengan ikhtiar bathiniah yaitu dengan menerapkan budaya 5M dan plus satunya adalah memanjatkan doa," ujarnya.

Ia menjelaskan vaksin tidak hanya dapat melindungi diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitar. Vaksin COVID-19 diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengakhiri pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa dan melumpuhkan aktivitas masyarakat.

Baca juga: Kemenag akan lobi Saudi agar jamaah umrah tak harus karantina 14 hari

"Keikutsertaan kita dalam program vaksinasi ini akan sangat membantu pemulihan negara," kata dia.

Menurutnya, semua orang bisa berperan dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19. Hal yang termudah dan termurah yakni selalu memakai masker, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Dengan taat dan patuh terhadap pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan serta dengan memanjatkan doa dan zikir berharap Allah segera menghapus pandemi dari bumi ini," kata dia.

Baca juga: Menag fungsikan penyuluh agama untuk kampanye 5M hingga level desa

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021