Bandarlampung (ANTARA) - Direktur Utama PT Pusri Tri Wahyudi Saleh menyerahkan bantuan oksigen untuk sejumlah rumah sakit di Provinsi Lampung.

Penyerahan bantuan oksigen dilaksanakan secara simbolis dan diterima langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek (RSUDAM), di Bandarlampung, Kamis.

Tri Wahyudi mengatakan melonjaknya kasus pasien positif COVID-19 saat ini di Indonesia cukup berdampak pada beberapa sektor bisnis dan beberapa kebutuhan salah satunya kebutuhan tabung oksigen.

Baca juga: Kemenkes dan KBRI Singapura terima 2 ISO tank oksigen cair

"Sebagai bentuk kepedulian PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), melalui program CSR telah menyalurkan bantuan pasokan oksigen sebanyak 29,08 ton atau sekitar 3.766 botol oksigen ke sejumlah rumah sakit di Provinsi Lampung," katanya.

Ia mengatakan Pusri mulai mengirimkan bantuan oksigen terhitung dari tanggal 16 Juli 2021 hingga 27 Juli 2021.

"Kami akan terus berupaya membantu masalah kekurangan oksigen baik di Lampung maupun provinsi lain, agar kebutuhan oksigen dapat tercukupi," ujar Tri.

Sebanyak satu tangki berisi 12,5 ton liquid oksigen dikirim Pusri ke RSUDAM dan RS Urip Sumoharjo.

"Kami bekerjasama dengan PT OKI Pulp and Paper Sinar Mas Group, dan bagi rumah sakit yang tidak mempunyai tangki kami sudah mendiskusikan untuk melakukan pengiriman 700 tangki," jelas Tri.

Bantuan isi ulang oksigen dari Pusri ini bertujuan untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya bagi masyarakat yang terdampak dan sedang berjuang melawan sakit akibat COVID-19.

Terkait pemberian bantuan oksigen ini, Pusri memberikan secara gratis sesuai dengan instruksi Kementerian BUMN.

Bantuan oksigen ini merupakan salah satu program CSR, sehingga tidak dipungut biaya. Mengingat di tengah pandemi seperti saat ini permintaan dan kebutuhan oksigen sangat tinggi.

"Saya mewakili manajemen PT Pusri Palembang mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT OKI Pulp and Paper yang telah menyediakan tambahan pasokan oksigen untuk masyarakat Lampung," tambah Tri.

Sebanyak 24 (dua puluh empat) rumah sakit di Provinsi Lampung mendapatkan bantuan pasokan oksigen, di antaranya RS Handayani, RS Ragab Mesuji, RS Menggala, RSUD Tulang Bawang Barat, RS Mutiara Bunda Tulang Bawang dan rumah sakit lainnya.

Dalam pendistribusian oksigen ini, Pusri dibantu oleh Polda Lampung dalam hal pengawalan pengiriman oksigen dari Lampung ke Palembang, hingga dari Palembang ke rumah sakit tujuan di Lampung.

Baca juga: SKK Migas serahkan bantuan ISO tank oksigen ke Pemprov Kalsel
Baca juga: Swiss kirim 600 oksigen konsentrator ke Jakarta

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021