Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola putri Britania Raya harus rela disingkirkan Australia 3-4 dalam pertandingan perempat final Olimpiade Tokyo 2020 di Kashima Soccer Stadium pada Jumat, demikian catatan laman resmi Olympics.com.

Dengan kemenangan ini, Australia akan menghadapi Swedia di semifinal. Swedia lolos ke semifinal setelah mengalahkan tuan rumah Jepang 3-1.

Kedua tim bermain imbang 2-2 selama 90 menit penuh. Namun, Australia yang berhasil menjadi pemenangnya berkat dua gol pada tambahan waktu.

Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola putri: Belanda akan ladeni Amerika Serikat

Australia membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-35 lewat gol Alanna Kennedy. Skor 0-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Britania Raya bangkit dan berhasil membalikkan situasi lewat dua gol Ellen White pada menit ke-57 dan 66. Skor 2-1 untuk Britania Raya.

Namun, kemenangan yang sudah di hadapan mereka harus kandas pada menit ke-89. Gol Samantha Kerr terpaksa membuat pertandingan masuk ke babak tambahan.

Di babak tambahan, Australia berhasil melesakkan dua gol berkat upaya Mary Fowler pada menit ke-103 dan Samantha Kerr tiga menit berselang. Skor menjadi 4-3.

Britania Raya sempat memperkecil jarak pada menit ke-115 lewat tendangan Ellen White. Namun, mereka gagal mencetak gol penyama kedudukan dan harus tersingkir secara menyakitkan di perempat final.

Baca juga: Inggris dan Kanada pastikan lolos ke perempat final Olimpiade Tokyo

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021