Sebanyak 10.991 nakes Denpasar terima vaksin ke tiga mulai 2 Agustus

Sebanyak 10.991 nakes Denpasar terima vaksin ke tiga mulai 2 Agustus

Petugas kesehatan memasuki area isolasi mandiri saat melakukan pendataan bagi warga yang terpapar COVID-19 di Denpasar, Bali. (Foto Antara News Bali/Nyoman Hendra/2021)

Denpasar (ANTARA) - Sebanyak 10.991 tenaga kesehatan akan menerima vaksin dosis ke tiga yang diberikan Pemerintah Kota Denpasar, Bali mulai 2 Agustus 2021.

"Sasaran terbanyak untuk vaksinasi dosis ke tiga ini ada di Kota Denpasar. Untuk Denpasar sebanyak 10.991 tenaga kesehatan dari 40.768 tenaga kesehatan di seluruh Bali," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes ini dikarenakan mereka merupakan garda terdepan pelayanan COVID-19.

Vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan tersebut sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat untuk melindungi tenaga kesehatan karena selama ini banyak juga tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19.

Baca juga: Guru Besar FKUI sebut dosis ketiga vaksin jadi harapan baru nakes

Jenis vaksin yang digunakan pada vaksinasi dosis ke tiga ini yakni vaksin Moderna yang merupakan hasil produksi Amerika Serikat.

"Kami memastikan tenaga kesehatan terlindungi dengan pemberian vaksinasi dosis ketiga ini," katanya.

Ia menambahkan untuk pelaksanaan vaksinasi ini akan dilakukan di 40 fasilitas layanan kesehatan yang ada di Denpasar.

Prosesnya yakni untuk petugas yang bertugas di 40 fasilitas layanan kesehatan langsung menjalani vaksinasi di tempat tugas masing-masing.

Sementara bagi tenaga kesehatan yang bertugas di luar fasilitas layanan kesehatan tersebut mendaftar dan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Proses vaksinasi pun sama dengan dosis pertama ataupun dosis kedua yang diawali dengan screening atau pemeriksaan.

Adapun 40 fasilitas layanan kesehatan yang ada di Denpasar meliputi 11 Puskesmas yang tersebar di empat kecamatan, RSUD Wangaya, RSUP Sanglah, RSBM, RSAD, RS Bhayangkara, KKP Benoa, RSU Bhakti Rahayu, RSU Dharma Yadnya, RSIA Puri Bunda, RSU Surya Husadha Ubung, RSU Prima Medika, RSU Balimed, RSU Puri Raharja, RSU Manuaba, dan RSU Bali Royal.

Selanjutnya, RSU Surya Husadha Denpasar, RSIA Pucuk Permata, RSU Kasih Ibu, RSIA Harapan Bunda, Klinik Sos Gatot Kaca, Klinik PT Kimia Farma Apotek, Klinik Bhayangkara Bali, Klinik Bhayangkara Sat Brimob Bali, Klinik Karya Prima, Klinik Bhayangkara Polresta Denpasar, Klinik FKTP Sudirman, Klinik FKTP Kepaon, Klinik Utama Niki Diagnostic Center, dan Klinik Utama Sidhi.

Baca juga: Kemenkes tegaskan vaksinasi ketiga untuk tenaga kesehatan
Baca juga: Vaksinasi dosis ketiga untuk nakes dimulai di RSCM
Baca juga: Satgas: Dua kali dosis vaksin cukup membentuk kekebalan individu
Pewarta : Naufal Fikri Yusuf/Nyoman Hendra
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021