Menang tipis 1-0 atas Australia, Swedia hadapi Kanada di laga final

Menang tipis 1-0 atas Australia, Swedia hadapi Kanada di laga final

Selebrasi pemain Swedia, Fridolina Roflo setelah mencetak gol lawan Australia di pertandingan semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di International Stadium Yokohama, Yokohama, Jepang pada 2 Agustus 2021. ANTARA/REUTERS/STOYAN NENOV

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional putri Swedia dipastikan melaju ke partai final Olimpiade Tokyo 2020 setelah mengalahkan Australia 1-0 di semifinal berkat gol semata wayang Fridolina Rolfo di Saitama Soccer Stadium pada Senin, demikian catatan laman resmi Olympics.com.

Sejak peluit tanda pertandingan dimulai, Australia bermain agresif dan unggul dalam penguasaan bola. Mereka beberapa kali mendapat peluang yang mengancam gawang Swedia.

Pada menit ke-4, tandukkan dari Caitlin Foord masih belum bisa menjebol gawang Swedia. Begitu pula tendangan kerasnya pada menit ke-10, masih belum membuahkan hasil.

Meski kalah penguasaan bola, Swedia juga menebar ancaman lewat serangan balik mereka. Mereka bahkan nyaris menciptakan gol di akhir babak pertama melalui tendangan Kosovare Asllani, tetapi sayangnya bola masih belum mengoyak gawang Australia.

Pada menit ke-47, Swedia berhasil memecah kebuntuan melalui gol Rolfo setelah pemain Barcelona tersebut menyambar bola liar di depan gawang Australia. Skor menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Australia mencoba membalas dalam beberapa kali percobaan. Namun, skor 1-0 untuk keunggulan Swedia tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang yang menandakan pertandingan selesai.

Dengan hasil ini, Swedia berhak melaju ke final dan akan menghadapi Kanada yang berhasil menyingkirkan tim sepak bola putri Amerika Serikat dengan skor 1-0.

Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola putri: tersajinya Derby Amerika Utara
Baca juga: Kalahkan Amerika Serikat 1-0, Kanada melaju ke final
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021