Kasus positif COVID-19 di Mukomuko bertambah 127 orang

Kasus positif COVID-19 di Mukomuko bertambah 127 orang

Petugas kesehatan Kabupaten Mukomuko mengambil sampel tes usap atau swab santri di salah satu pondok pesantren di daerah ini. (ANTARA/Dok.Antarabengkulu.com)

Mukomuko (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah kasus positif COVID-19 saat ini bertambah 127 orang, sehingga total menjadi 1.788 orang.

“Hari ini ada lagi penambahan sebanyak 127 orang positif COVID-19 yang tersebar di 12 dari 15 kecamatan di daerah ini, satu di antaranya meninggal dunia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Selasa.

Bustam Bustomo yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu terkait dengan narasi perkembangan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah itu, Selasa.

Dari 127 kasus positif COVID-19, sebanyak 32 kasus di antaranya dari Kecamatan Ipuh, 25 kasus dari Kecamatan Air Manjuto, 15 kasus bdari Kecamatan Air Rami, 12 kasus dari Kecamatan Malin Deman, 11 kasus dari Kecamatan Kota Mukomuko.

Baca juga: Polisi menyerahkan peti mati ke RSUD Mukomuko

Baca juga: Polres Mukomuko siapkan rumah isolasi bagi pasien COVID-19


Kemudian sembilan kasus dari Kecamatan Teramang Jaya, delapan kasus dari Kecamatan Air Dikit, tiga kasus dari Kecamatan Penarik, tiga kasus dari Kecamatan Lubuk Pinang, tiga kasus dari Kecamatan V Koto, dua kasus dari Kecamatan Pondok Suguh.

Dari sebanyak 127 kasus positif COVID-19 tersebut, sebanyak 59 orang pasien COVID-19 di antaranya tanpa gejala dan 20 orang mengalami gejala ringan, dan sisanya mengalami gejala demam, lemah, demam, mual muntah, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, gangguan penciuman, pusing, sakit kepala, dan diare.

Kemudian riwayat kontak 67 dari 127 kasus positif COVID-19 itu pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 dan sisanya suspek berdasarkan tes cepat antigen.

Sebanyak 127 pasien COVID-19 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing guna mencegah terjadinya penyebaran di daerah ini.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun sejumlah puskesmas yang tersebar di 12 kecamatan di daerah ini akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 127 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Hingga kini jumlah total spesimen yang telah diperiksa sebanyak 6.582 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 ada 1.788 orang dan 51 orang di antaranya yang meninggal dunia.*

Baca juga: 2.981 warga Mukomuko selesai divaksin COVID-19

Baca juga: Polres Mukomuko meluncurkan program bersih steril dari COVID-19
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021