DKI salurkan bansos bagi lansia, disabilitas, dan anak

DKI salurkan bansos bagi lansia, disabilitas, dan anak

Warga menunjukkan uang bantuan sosial tunai atau BST usai mengambil di ATM Bank DKI, Jakarta, Selasa (20/7/2021). Pemprov DKI menyiapkan anggaran Rp604 miliar untuk bantuan sosial tunai atau BST kepada 1 juta Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat selama PPKM darurat. Nilai BST kali ini mencapai Rp600.000 per KK dari hasil rapelan penyaluran tahap 5 dan 6 yang sempat tertunda pada Mei-Juni 2021 lalu. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sosial DKI Jakarta menyalurkan bantuan sosial kepada warga lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, dan anak di Ibu Kota untuk periode April hingga Juni 2021.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari di Jakarta, Jumat, menjelaskan pencairan bantuan sosial itu mengalami keterlambatan yang seharusnya pada Juli 2021.

Baca juga: Kanwil Kumham DKI salurkan 500 paket sembako untuk warga Jakarta Utara

Penyebabnya, lanjut dia, karena ada pemadanan data serta kendala teknis.

"Jadi memang kemarin dilakukan pemadanan data dan ada beberapa kendala teknis, sehingga baru dapat dilakukan pencairan pada 6 Agustus," ucapnya.

Adapun total penerima Kartu Lansia Jakarta (KLJ) mencapai 78.169 orang, penerima Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) sebanyak 11.422 orang dan penerima Kartu Anak Jakarta (KAJ) sebanyak 9.531 anak.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial akan mencairkan dana bantuan sosial Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) dan Kartu Anak Jakarta (KAJ) Tahap 2, Jumat (6/8).

Baca juga: Dinsos DKI: 99.763 KK masih belum dapat bansos beras

"Pencairan yang dilakukan hari ini merupakan akumulasi Tahap 2 yaitu April, Mei dan Juni 2021," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari.

Adapun total penerima KLJ 78.169 orang, penerima KPDJ 11.422 orang dan penerima KAJ sebanyak 9.531 anak.

Adapun besaran bantuan yang diterima untuk KLJ Rp 600.000 per bulan, sedangkan untuk KPDJ dan KAJ Rp 300.000 per bulan.

Baca juga: BST Rp600 ribu cair pada pekan ketiga Juli ini

Pemprov DKI Jakarta memberikan bantuan kepada lansia, penyandang disabilitas dan anak yang berasal dari keluarga miskin dan orang tidak mampu dengan data bersumber dari data terpadu kesejahteraan sosial.

Penarikan dana bantuan dapat dilakukan melalui ATM Bank DKI dengan mematuhi protokol kesehatan.
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021