Jakarta (ANTARA) - Menyantap kaya toast membuat Anda merasa sedang berada di kafe atau berlibur di negara tetangga, apalagi bila dilengkapi dengan telur setengah matang dan secangkir kopi panas. Tidak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah, jadi Anda bisa menghibur diri yang belum bisa bepergian jauh dengan membawa sendiri suasana liburan ke kediaman. Simak resep kaya toast yang bisa Anda coba sendiri, dikutip dari SBS.

Bahan selai kaya 1 liter:
10 butir telur
1 kg gula halus dan tambahan 50 gram
5 lembar daun pandan, ikat dalam bentuk simpul
550 ml santan
20 gram unsalted butter

Cara:
Untuk membuat kaya, campur telur dan 1 kg gula, aduk searah hingga rata dalam panci tinggi.
Didihkan air dalam panci besar, letakkan lap dapur di dalamnya, masukkan panci tinggi, aduk sampai gula mencair dan menyatu dalam adonan. Masukkan daun pandan dan santan kental, aduk selama 20-25 menit sampai mengental. Sisihkan.

Panaskan 50 gram gula halus sampai jadi karamel, aduk sesekali. Jangan terlalu gosong karena nanti rasanya akan pahit. Tambah butter ke dalam karamel, aduk. Campur ke dalam adonan kaya. Masukkan lagi panci isi kaya ke dalam panci besar dengan air panas, aduk selama lima menit atau hingga mengental.

Dinginkan, sesekali aduk, lalu masukkan ke dalam toples dan simpan di dalam kulkas.

Untuk membuat roti kaya, panggang roti secara merata. Kemudian oleskan 1-2 sdm selai kaya, selipkan potongan tipis butter, lalu potong menjadi dua atau empat agar lebih mudah disantap.

Baca juga: Menu baru dan promo 17 Agustus dari Tous les Jours sambut kemerdekaan

Baca juga: Cerita Roti siap perluas jangkauan bisnis di Indonesia

Baca juga: Resep sandwich ayam mayo dengan saus jamur ala Dimsthemeatguy

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021