Manado (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan periode 1993-1998, Prof Dr Ing Wardiman Djojonegoro, mengatakan bahwa peningkatan kompetensi guru merupakan keharusan mutlak dalam era globalisasi.

"Kompetensi guru saat ini tak bisa ditawar lagi sebab tantangan pendidikan ke depan semakin berat. Pengembangan kompetensi guru merupakan kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi," ujar Wardiman di hadapan lima ratusan guru se-Sulawesi Utara dalam International Training of Education, di Manado, Jumat.

Ketua Yayasan Puteri Indonesia itu menegaskan, selain kompetensi profesional yang diharapkan guru bisa menguasai substansi bidang studi dan metodologi keilmuannya, guru juga harus memiliki kompetensi sosial.

Seorang guru harus memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif baik dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua atau wali serta masyarakat sekitar.

"Sebagai guru diharapkan dapat berkomunikasi secara simpatik dan empatik. Begitu juga berkontribusi terhadap pengembangan pendidik di sekolah dan masyarakat baik di tingkat lokal, regional, nasional dan global," jelasnya.

Para guru juga diharapkan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan pengembangan diri.

Ketua Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SDM IPTEK) The Habibie Center itu mengemukakan, selain dua kompetensi tersebut guru di Sulut juga harus memiliki kompetensi kepribadian.

"Guru itu harus memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa. Guru pun harus menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat karena itu untuk mewujudkan itu semua guru mesti berakhlak mulia," ujarnya.

Para peserta International Training of Education hasil kerjasama Badan Pengurus Pusat Ikatakan Alumni Pascasarjana Universitas Padjajaran itu menyatakan sangat positif dengan adanya kegiatan yang digelar dua hari 4-5 November  2010.
(T.ANT-179/A034/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010