Jakarta (ANTARA) - Taman Impian Jaya Ancol menggandeng Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Indonesia dari Provinsi DKI Jakarta dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)

Upacara dalam akuarium raksasa Sea World Ancol ditayangkan melalui akun resmi YouTube dan Instagram pada Selasa (17/8) pukul 09.00 WIB.

Wakil Presiden Sea World dan Samudra Ancol, Rika Sudranto, Jumat mengatakan, upacara pengibaran Bendera Merah Putih di dalam air merupakan agenda tahunan setiap peringatan HUT RI.

Namun kali ini, upacara menggandeng anggota Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Indonesia (PPI) DKI Jakarta sebagai pengibar bendera di dalam air tersebut.

"Sebuah kebanggaan bagi kami, tahun ini dapat berkolaborasi dengan PPI Provinsi DKI Jakarta dalam melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di dalam akuarium Sea World Ancol, dan kami menyampaikan terima kasih serta penghargaan kepada seluruh PPI Provinsi DKI Jakarta”, ujar Rika.

Ia menjelaskan, prosesi upacara itu bisa disaksikan masyarakat lewat siaran langsung dalam jaringan (daring) melalui akun resmi YouTube @Ancol Taman Impian dan Instagram Story @ancoltamanimpian.

Baca juga: Sea World siapkan pengibaran bendera di dalam air
Baca juga: Barongsai bawah air hibur pengunjung Sea World Ancol
Penyelam berkostum penyu mementaskan drama teatrikal yang bertajuk "Rabbit Underwater Show in Mission: Save the Ocean" di akuarium utama Sea World, Ancol, Jakarta, Selasa (30/3/2021). Pertunjukan tersebut digelar untuk mengedukasi warga dalam menjaga ekosistem laut dari sampah atau polusi laut. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Dengan mengusung tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh", peringatan HUT ke-76 RI diharapkan Indonesia tangguh menghadapi berbagai krisis yang sedang dihadapi. Dengan berbagai upaya yang dilakukan di masa pandemi maka Indonesia akan tumbuh.

"Tayangan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di dalam air nantinya dapat disaksikan secara virtual sehingga masyarakat masih dapat menikmatinya dari rumah," katanya.

Ketua PPI Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Nizar menyebutkan, tiga anggota ditugaskan pada upacara dalam air tersebut, yakni Dyfa Zasqya Farrythama dan Chairil Amin Saputra sebagai pengibar bendera serta Muhammad Kautsar Rayhanafi sebagai pembaca naskah Undang-Undang Dasar 1945.

Walaupun ketiganya berpengalaman mengibarkan bendera di darat, mereka telah menjalani latihan dan telah siap untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih di air dengan ribuan jenis ikan di kedalaman enam meter.

"Sea World adalah salah satu tempat yang mengajarkan kita untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan. Jangan pernah sia-siakan kemerdekaan ini, mari kita membangun negeri, 'Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh'," katanya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021