memasang kubus apung di dua titik, yakni Sungai Krueng Daroy dan di Krueng Doy Lampaseh
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh menggunakan kubus apung sebagai alternatif untuk mengatasi atau membersihkan sampah sungai di kota setempat.

"Kami meningkatkan keindahan kota termasuk kebersihan sungai, salah satunya dengan memasang kubus apung di dua titik, yakni Sungai Krueng Daroy dan di Krueng Doy Lampaseh," kata Kepala DLHK3 Banda Aceh Hamdani Basyah di Banda Aceh, Jumat.

Hamdani mengatakan pemasangan kubus apung tersebut sangat efektif karena memudahkan petugas dalam melakukan pembersihan dan pengangkutan sampah.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya telusuri dugaan pencemaran limbah di aliran sungai

"Karena kalau hanya pakai jaring, sampah di bagian tengah susah kita ambilnya, apalagi ketika air tinggi, tapi kalau pakai kubus ini petugas bisa jalan di atasnya," ujarnya.

Kata Hamdani, selain memudahkan petugas dalam mengangkut sampah di sungai, kubus apung ini juga berfungsi untuk menahan sampah agar tidak sampai ke muara atau bibir pantai. Cara kerjanya akan menahan sampah apung dan menumpuk di sekitar kubus.

Baca juga: Banjir di Aceh Jaya, 3.115 warga di dua kecamatan mengungsi

“Posisinya otomatis mengikuti ketinggian air, bahanya sangat kuat dari terbuat dari material HDPE dengan tambahan jaring di bawahnya. Mampu menahan sampah yang berasal dari hulu sungai supaya tidak mengalir ke laut," katanya.

Dalam kesempatan ini, Hamdani juga mengimbau masyarakat kota agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi sampai ke aliran sungai, karena selain mengotori juga bisa menyebabkan banjir.

Terlebih saat ini banyak hujan, jika volume sampah di sungai meningkat maka dikhawatirkan bisa menyebabkan banjir juga.

Baca juga: KLHK sebut 46 gajah mati di Aceh dalam kurun waktu tujuh tahun

"Kita harap masyarakat semakin meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan," ujar Hamdani.

Dalam berbagai kesempatan, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman telah sering mengingatkan dan meminta warga untuk selalu menjaga kelestarian sungai.

Diharapkan, kesadaran warga untuk menjaga lingkungan terus meningkat, minimal dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai.

Baca juga: DLH Jabar matangkan rencana pembangunan etalase Sungai Citarum

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021