target vaksin itu 4,2 juta, dan baru tervaksin 900 ribu
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan target vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menjadi 100 ribu per hari.

"Jumlah vaksin mulai pekan depan, orang yang divaksin harus 100 ribu per hari, nah itu kerja keras buat Bu Ade (Bupati Bogor), dari Menkes tidak ada masalah," ungkap Luhut saat meninjau vaksinasi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu.

Ia menargetkan Kabupaten Bogor yang masuk dalam wilayah aglomerasi bisa mencapai target 70 persen vaksinasi pada September 2021.

"Saya kira kerja keras mereka sudah bagus, hanya saja saya sampaikan pada Bu Ade bersama Menteri Kesehatan yang kebetulan orang Bogor juga, karena jumlah target vaksin itu 4,2 juta, dan baru tervaksin 900 ribu," kata Luhut.

Kabupaten Bogor ditarget melakukan vaksinasi terhadap 70 persen jumlah penduduknya, yakni 4,2 juta jiwa atau setara dengan kewajiban menyuntikkan 8,5 juta dosis vaksin.

Baca juga: Luhut minta Kabupaten Bogor maksimalkan pemanfaatan fasilitas isolasi
Baca juga: Satgas COVID-19 Bogor mulai layani vaksinasi untuk remaja


Bupati Bogor, Ade Yasin berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu percepatan vaksinasi di wilayahnya. Hingga kini Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor baru menyuntikkan 930.763 dosis vaksin atau 11,01 persen dari target.

"Pemerintah daerah tidak mungkin menyelenggarakan sendiri tanpa bantuan dari semua instansi, termasuk kementerian, TNI dan Polri," kata Ade Yasin.

Pada akhir Juli 2021, dirinya menargetkan 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor melakukan vaksinasi sebanyak 8.575 sasaran dosis setiap pekannya demi percepatan menuju kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Mulai Agustus kita menambahkan target capaian di setiap kecamatan per minggunya sebanyak 8.575 dosis vaksin," ujarnya.

Baca juga: Menkes: 3 juta warga Bogor ditargetkan tervaksin pada September
Baca juga: Bupati Bogor gandeng ormas hingga FKUB untuk percepat vaksinasi
Baca juga: Ade Yasin senang Kemenhub dan TNI AD bantu vaksinasi di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021