Sylviana Murni terpilih kembali jadi ketua komite III DPD

Sylviana Murni terpilih kembali jadi ketua komite III DPD

Arsip foto - Ketua Komite III DPD Sylviana Murni memimpin jalannya Rapat Koordinasi Komite III DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/4/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp/aa.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPD RI Sylviana Murni daerah pemilihan DKI Jakarta terpilih kembali sebagai ketua komite III dalam rapat yang digelar secara hybrid di gedung Senayan, Jakarta, Kamis.

"Agenda rapat adalah pemilihan ketua komite III dan tiga wakil ketua sesuai dengan yang sudah diusulkan oleh sub wilayah," kata Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti saat membuka rapat.

Dalam rapat yang digelar secara hybrid itu, hadir secara fisik sebanyak 8 anggota dan 14 anggota lainnya hadir secara virtual.

Baca juga: LaNyalla: Pemilihan alat kelengkapan DPD utamakan musyawarah mufakat

LaNyalla menegaskan rapat harus sesuai tata tertib dan yang terpenting kemudian mencerminkan keseimbangan wilayah dan harus bekerja secara kolektif kolegial.

Melalui kesepakatan secara musyawarah mufakat dari beberapa anggota yang hadir, akhirnya senator asal DKI Jakarta, Sylviana Murni, terpilih kembali sebagai Ketua Komite III.

Selanjutnya Wakil Ketua I adalah Dedi Iskandar Batubara Dapil Sumatera Utara, Wakil Ketua II Evi Apita Maya dapi Nusa Tenggara Barat, dan wakil ketua III Muhammad Rakhman dapil Kalimantan Tengah.

Baca juga: Ketua DPD kupas pasal 29-33 UUD 1945 saat pimpin sidang DPR-DPD

"Atas kerjasama yang baik dengan proses demokratis dan cepat, kita berhasil memutuskan yang terbaik. Semoga pimpinan Komite III yang baru dapat mengemban tugas selanjutnya dengan lancar. Dan terima kasih kepada Ketua dan anggota Komite III sebelumnya," ujar LaNyalla.

Komite III merupakan alat kelengkapan DPD RI bersifat tetap yang mempunyai lingkup tugas di bidang pendidikan, agama, kebudayaan, kesehatan, pariwisata, pemuda dan olahraga, kesejahteraan sosial, tenaga kerja dan transmigrasi, ekonomi kreatif, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan pengendalian penduduk.

Baca juga: PPUU DPD RI terus dorong RUU Daerah Kepulauan
Pewarta : Fauzi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021