Pontianak (ANTARA) - Lantamal XII Pontianak melakukan "jemput bola" dalam kegiatan Serbuan Vaksinasi dengan mendatangi langsung tempat-tempat bersandar kapal-kapal nelayan setelah selesai melaut di kawasan Kota Pontianak, Kalbar.

"Kali ini, Serbuan Vaksinasi yang kami lakukan itu menyasar para nelayan yang ada di Kota Pontianak yang baru saja datang melaut dalam waktu panjang yakni sekitar laut empat hingga lima bulan," kata Danlantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman di Pontianak, Minggu.

Sebagai atensi yang diberikan, Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, didampingi para Pejabat Utama Lantamal XII dan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg Heru Subagyo selaku Dansatgas Penanggulangan COVID-19 meninjau langsung kegiatan Serbuan Vaksinasi tersebut. Kegiatan itu dilakukan bersinergi dengan Satuan Kapal Patroli dan Dinas Potensi Maritim Lantamal XII.

"Serbuan vaksinasi itu kami lakukan agar ketika mereka pulang ke rumah, sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah para nelayan dan keluarganya terpapar COVID-19," katanya.

Diawali dengan dilakukannya patroli oleh Tim Sea Reader Satuan Kapal Patroli yang dipimpin oleh Dansatrol Lantamal XII Letkol Laut (P) Kariyadi Bangun dengan melakukan pengecekan kapal ikan masuk ke alur Sungai Kapuas Kota Pontianak. Tim patroli memastikan apakah Anak Buah Kapal (ABK) kapal ikan yang baru pulang melaut sudah menerima vaksin COVID-19 atau belum.


Komandan Lantamal XII Pontianak saat melakukan kunjungan itu juga menyampaikan vaksinasi terhadap nelayan yang dilakukan kali ini, diperuntukkan kepada para nelayan yang baru pulang dari laut, mereka sebagian besar nelayan dan belum menerima vaksin.

"Sehingga Lantamal XII melaksanakan jemput bola menurunkan tim vaksinatornya untuk melakukan vaksinasi terhadap nelayan yang baru tiba di Dermaga Perikanan ini," ujarnya.

Selain melaksanakan serbuan vaksinasi yang ada di kapal-kapal ikan yang baru pulang melaut, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi bagi nelayan yang berada di kapal yang sedang sandar di Dermaga di Jalan Komodor Yos Sudarso Pontianak tempat kapal ikan tersebut melakukan bongkar muat.

Setiap nelayan terlebih dahulu diperiksa kesehatannya, dan bagi mereka yang memenuhi syarat kondisi kesehatannya, Tim Vaksinator Satgas COVID-19 Lantamal XII langsung melaksanakan vaksinasi di atas kapal nelayan tersebut.

Pada kesempatan itu tercatat sebanyak 113 nelayan melakukan registrasi, dan sebanyak 110 orang nelayan yang memenuhi syarat untuk divaksin. Selama pelaksanaan vaksinasi para petugas juga menyampaikan agar nelayan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatannya sehari-hari.

"Kami senang sekali karena telah divaksin, karena saya bekerja di laut selama empat bulan, belum pernah di vaksin. Terima kasih untuk TNI AL Lantamal XII Pontianak yang telah memvaksin kami," kata Joni salah satu nelayan yang mendapat vaksin dari Lantamal XII Pontianak.
 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021