Bank Danamon dan Dompet Dhuafa dirikan tiga rumah sakit darurat

Bank Danamon dan Dompet Dhuafa dirikan tiga rumah sakit darurat

Ilustrasi - Sejumlah tenaga kesehatan mendorong tabung oksigen di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (17/8/2021) . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui Danamon Peduli berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa mendirikan tiga rumah sakit darurat untuk membantu penanganan pasien COVID-19.

Rumah sakit darurat tersebut didirikan di tiga rumah sakit rujukan COVID-19 yaitu RSUD Taman Sari Jakarta Barat, RSUD Budhi Asih Jakarta Timur dan Rumah Sakit Polri Sukanto.

“Melalui inisiatif bersama ini, kami ingin seluruh pasien yang membutuhkan penanganan medis bisa segera mendapatkan akses layanan kesehatan secara cepat dan tepat,” kata Direktur Syariah & Sustainability Finance Danamon Herry Hykmanto dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Rumah sakit darurat dilengkapi dengan peralatan standar serta kebutuhan kesehatan darurat lainnya, seperti mesin monitor pasien, toilet portable, air conditioner portable, cairan infus, alat pelindung diri (APD), paket kesehatan vitamin, kursi roda dan sarana pendukung lainnya.

Herry berharap rumah sakit darurat yang didirikan pada momentum hari jadi Danamon ke-65, bisa bermanfaat bagi banyak orang dan dapat membantu pemerintah dalam penanganan kasus COVID-19 di Indonesia.

Direktur CSR Dompet Dhuafa Herdiansah pada kesempatan yang sama menyampaikan masih banyak masyarakat terdampak COVID-19 yang membutuhkan fasilitas kesehatan mulai dari obat-obatan, vitamin, hingga ruang rawat inap intensif.

“Kolaborasi Danamon dengan menggandeng berbagai pihak, merupakan upaya untuk saling bahu membahu membantu banyak orang di masa pandemi ini,” ujarnya.

Selain itu, Danamon juga berkontribusi dalam penanganan pandemi COVID-19 melalui bantuan asuransi perlindungan terhadap para relawan COVID-19 dari risiko jaminan kematian dan kecelakaan kerja.

Berkolaborasi bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan BPJamsostek sebagai pengelola, bantuan asuransi tersebut meliputi biaya perawatan dan pengobatan, transportasi, Sementara Tidak mampu Bekerja (STMB), santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi, serta bantuan beasiswa.

Danamon juga menyerukan gerakan kampanye Positivity Saves Lives yang merupakan kampanye dengan melibatkan peran nasabah dan masyarakat dalam menyediakan 11.000 APD kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang disalurkan oleh Indonesia Kuat dan didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Tak hanya itu, Danamon juga telah mendonasikan lebih dari Rp1 miliar melalui Benih Baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mitra pengemudi penyedia transportasi daring. Kemudian mengadakan sentra vaksinasi dengan menyalurkan lebih dari 12.500 dosis vaksin yang ditargetkan untuk pelaku UMKM, pengemudi transportasi daring, masyarakat lanjut usia, serta karyawan lini terdepan yang menghadapi nasabah dari ketiga lembaga jasa keuangan tersebut.

“Kolaborasi Danamon dengan berbagai pihak memberikan semangat yang baru bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Danamon percaya, bersama kita bisa tumbuh lebih cepat dan lebih jauh,” tutur Herry.

Baca juga: Asrama Haji Lampung akan dijadikan RS Darurat COVID-19
Baca juga: PPKM diperpanjang, Kemenkes perkuat layanan rumah sakit
Baca juga: Pertamedika operasikan rumah sakit darurat COVID-19 di Asrama Haji

Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021