Sandiaga tekankan pentingnya aspek kesehatan di sektor pariwisata

Sandiaga tekankan pentingnya aspek kesehatan di sektor pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam tangkapan layar webinar "Exotic East Nusa Tenggara", pada Senin (23/8/2021). ANTARA/Adimas Raditya.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan pentingnya aspek kesehatan seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata, khususnya dalam masa pandemi COVID-19.

"Salah satu aspek penting di sektor pariwisata adalah aspek kesehatan. Kita tidak bisa memulihkan pariwisata jika kita semua tidak sehat," kata Sandiaga Uno dalam webinar "Exotic East Nusa Tenggara", Senin.

Sandiaga mengatakan, pemerintah saat ini tengah berfokus pada pemulihan kesehatan masyarakat agar kehidupan dan perekonomian kembali normal.

Baca juga: Sandiaga targetkan 80 persen pelaku parekraf sudah divaksin akhir 2021

Ia menambahkan Kemenparekraf juga sedang berupaya meningkatkan jumlah vaksinasi bagi pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di seluruh Tanah Air.

Menurut dia, jika tren penularan COVID-19 berangsur-angsur menurun maka pemerintah akan memberlakukan kebijakan pembukaan tempat wisata secara terbatas.

"Jika angka kasus stabil dan terus menurun, kita mempersiapkan pembukaan kembali beberapa tempat wisata," ujarnya.

Baca juga: Sandiaga ajak generasi muda jadikan Indonesia pusat ekowisata dunia

Menparekraf menambahkan, pembukaan tempat wisata tersebut perlu dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, tempat wisata yang dibuka juga akan diintegrasikan dengan aplikasi PeduliLindungi, dengan melengkapi sertifikasi Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Ramah lingkungan) atau CHSE yang dicanangkan Kemenparekraf.

"Saya sangat optimis jika kita semua bisa mengimplementasikan ketentuan ini maka pariwisata domestik akan segera pulih karena peminatnya sangat besar," pungkasnya.

Baca juga: Sandiaga minta pemda terapkan prokes gunakan aplikasi Peduli Lindungi

Baca juga: Menparekraf dukung vaksinasi di NTB jelang World Superbike
Pewarta : Adimas Raditya Fahky P
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021