Korlantas Polri kirim 51 kendaraan dukung PON Papua

Korlantas Polri kirim 51 kendaraan dukung PON Papua

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau kesiapan pengiriman kendaraan ke Papua di lapangan NTMC Polri, Jakarta, Selasa (24/8/2021). (ANTARA/HO-Humas Korlantas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengirimkan sebanyak 51 unit kendaraan mobil dan motor untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

“Sebelumnya, pada tahun 2020 kami sudah berangkatkan 30 unit kendaraan roda dua. Sehingga total yang kami kirim ada sebanyak 81 unit kendaraan,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Mimika rekrut 3.600 relawan PON XX

Istiono merincikan kendaraan itu yakni delapan unit motor Yamaha MT 25 250cc dan 30 unit Yamaha Nmax 155cc, serta 13 unit kendaraan roda empat double cabin. Sebelumnya, Korlantas sudah mengirimkan 30 unit kendaraan roda dua berupa sepeda motor Yamaha MT 850cc ke Polda Papua pada tahun 2020.

Istiono berharap kendaraan yang dikirimkan ke Papua bisa segera dibagikan ke wilayah yang telah ditentukan dan dioperasikan. Kendaraan itu diharapkan berguna untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Pengiriman selama delapan hari untuk sampai ke Papua, Semoga segera dioperasionalkan saat kendaraan sampai," ujar Istiono.

Istiono menjelaskan berbagai ancaman yang diprediksi berupa gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yakni keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas benar-benar bisa diatasi.

Baca juga: Mahfud: Pemerintah siap selenggarakan PON XX dan Peparnas XVI di Papua

Istiono berpesan kepada personel yang bertugas dalam kegiatan tersebut untuk melakukan pengamanan dengan maksimal. Oleh karena itu, penunjang kendaraan ini penting untuk memaksimalkan pengamanan di agenda yang tertunda setahun lalu.

“Tentunya pada momen PON XX ini sangat sibuk. Dan kendaraan inilah yang akan digunakan secara optimal. Maka dari itu, semua kendaraan ini adalah baru semua. Mudah-mudahan nantinya tidak ada kendala,” kata Istiono.

Istiono kembali berpesan agar semua yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI 2021 agar bisa bersinergi, termasuk dengan kementerian dan lembaga.

Pelaksanaan PON XX Papua akan digelar pada 20 September sampai 16 Oktober 2021 di empat kota di Papua. Usai penyelenggaraan PON, akan dilanjutkan Peparnas pada 2-15 November 2021.

Baca juga: Polisi mendeteksi dini gangguan keamanan PON XX Papua

Baca juga: Jokowi instruksikan permasalahan sosial PON-PEPARNAS diselesaikan
Pewarta : Fauzi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021