Masyarakat temukan hiu paus mati terapung di perairan Raja Ampat

Masyarakat temukan hiu paus mati terapung di perairan Raja Ampat

Masyarakat temukan Hui Paus mati terapung di perairan Raja Ampat, Selasa (24/8). (Foto Istimewa Masyarakat Kabupaten Raja Ampat)

Sorong (ANTARA) - Masyarakat Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat menemukan hiu paus panjang sekitar sepuluh meter mati terapung di perairan sekitar Pulau Gam, Selasa.

Hiu paus mati tersebut terapung dalam keadaan membusuk dan penyebab kematiannya tidak diketahui oleh masyarakat.

Marsel warga Kampung Arborek Kabupaten Raja Ampat mengatakan bahwa hiu  paus mati tersebut ditemukan terapung di depan Kordiris Homestay Pulau Gam.

Baca juga: DFW soroti eksploitasi ikan hiu dan pari di Laut Arafura

Menurutnya bahwa dalam perjalanan dari Kampung Arborek menuju Waisai ibukota kabupaten Raja Ampat menggunakan long boat dan saat melintas di perairan depan Kordiris Homestay Pulau Gam terlihat hiu paus tersebut sudah mati serta terapung di bawa arus.

"Kami hanya foto dan langsung melanjutkan perjalanan. Kami tidak tahu penyebab kematiannya serta sudah terlihat membusuk," ujarnya.

Roy warga Kampung Sawinggrai Pulau Gam Raja Ampat juga mengatakan bahwa dirinya juga mengumumkan bangkai hiu paus tersebut namun tidak berani mendekat.

"Kami hanya lihat dan langsung melanjutkan perjalanan tidak mendekati bangkai Hiu Paus tersebut. Kami tidak tahu penyebab kematiannya serta sudah terlihat membusuk," tambah dia.

Baca juga: Petugas dan warga urunan ganti jala nelayan demi selamatkan hiu paus
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021