saat ini tabung oksigen sangat dibutuhkan
Palembang (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Sumatera Selatan menyalurkan sebanyak 400 tabung oksigen untuk sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 yang tersebar di provinsi tersebut.

Ketua Umum KADIN Sumsel Dodi Reza Alex mengatakan tabung oksigen bermuatan 50 kilogram dan 20 kilogram tersebut disediakan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit dalam penanganan COVID-19.

“Saya prihatin karena masyarakat dan rumah sakit kesulitan mendapatkan tabung oksigen. Oleh karena itu Kadin Sumsel tergerak untuk memberikan tabung oksigen secara gratis,” kata Dodi saat menyerahkan bantuan tabung oksigen secara simbolis ke RS Dr Mohammad Husein (RSMH) Palembang, Kamis.

Rumah sakit rujukan yang mendapat bantuan tabung oksigen tersebut, yakni Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Moh. Hosein Palembang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bari Palembang, RSUD Kabupaten Banyuasin, RSUD Musi Banyuasin, RSUD DR.H.M.Rabain Muara Enim dan RSUD Lahat.

Selanjutnya, RSUD Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, RSUD Muara Beliti Musi Rawas, RSUD Rupit Musi Rawas Utara dan RS DKT Kota Lubuklinggau.

Menurut Dodi yang juga menjabat sebagai Bupati Kabupaten Muba, oksigen menjadi kebutuhan saat pandemi COVID-19, terlebih lagi bagi pasien terpapar COVID-19.

Baca juga: Wisma Atlet JSC Palembang rawat 45 pasien COVID-19
Baca juga: Sumsel gelar vaksinasi COVID-19 khusus ibu hamil


Sementara itu, Direktur Utama RS Moh Hoesin Palembang, Bambang Eko Sunaryanto, mengatakan saat ini pihaknya mengaku masih kekurangan tabung gas oksigen.

“Saat ini tabung oksigen sangat dibutuhkan. Dengan adanya bantuan kami sangat bersyukur karena pasien-pasien dapat lebih terjaga,” kata dia.

Bambang menjelaskan kebutuhan oksigen cair mencapai 5 ton per hari dengan 40 hingga 50 tabung.

“Oksigen menjadi bagian penting saat penanganan pasien terpapar COVID-19, semoga pasien COVID-19 di Sumsel terus menurun,” ujar dia.

Direktur RSUD Rupit Musi Rawas Utara, Henny, mengapresiasi langkah Kadin Sumsel yang mengalokasikan tabung oksigen 70 kg untuk rumah sakit tersebut.

“Bantuan tabung oksigen ini tentu sangat kami butuhkan khususnya untuk penanganan COVID-19 di Muratara,” kata dia.

Baca juga: Satu juta lebih warga Sumsel sudah divaksin COVID-19
Baca juga: Bertambah 405 orang, positif COVID-19 di Sumsel capai 54.610 kasus
Baca juga: Pemprov Sumsel siap tambah ruang ICU di rumah sakit rujukan COVID-19

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021