Kemarin, konflik gajah dan warga hingga juara olimpiade internasional

Kemarin, konflik gajah dan warga hingga juara olimpiade internasional

Ilustrasi - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi mengevakuasi seekor anak Gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranus) korban jerat saat translokasi di Bentang Alam Bukit Tigapuluh, Suo-suo, Tebo, Jambi, Kamis (26/8/2021). ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (27/8) yang menarik untuk dibaca pagi ini diantaranya konflik gajah dengan warga, Indonesia meraih Platinum Prize dan Silver Prize di ajang Olimpiade Standar Internasional ke-16, dan kasus aktif COVID-19 tertinggi di Jawa Tengah.

Indonesia raih Platinum Prize-Silver Prize di olimpiade internasional

Tim pelajar Indonesia meraih Platinum Prize dan Silver Prize di ajang Olimpiade Standar Internasional ke-16 atau The 16th International Standards Olympiad.

"Prestasi Tim Indonesia sangat membanggakan. BSN berharap ke depan semakin banyak generasi muda yang dapat berkiprah dan terlibat dalam pengembangan standardisasi," kata Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Kukuh S Achmad dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Gajah dari Jambi serang warga Indragiri Hilir

Konflik antara gajah dengan warga di wilayah Indragiri Hilir, Riau kembali terjadi akibatnya seorang warga setempat yakni Junaidi mengalami luka akibat diserang satwa dilindungi itu.

Kepala Bidang Wilayah I BKSDA Riau, Andri Hansen Siregar, Jumat mengatakan, konflik terjadi sudah sejak beberapa hari terakhir. Gajah-gajah liar itu berasal dari Jambi dan masuk ke wilayah Riau.

Hingga Jumat, Jateng miliki jumlah kasus aktif COVID-19 tertinggi

Kementerian Kesehatan menyebut Provinsi Jawa Tengah memiliki jumlah kasus aktif COVID-19 tertinggi hingga Jumat, yakni sebanyak 26.735 kasus.

Dalam siaran pers Kemenkes yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, menjelaskan bahwa secara nasional, jumlah kasus aktif COVID-19 masih sebanyak 236.317 kasus. Dari data tersebut, jumlah tertinggi disumbang Jawa Tengah dengan 26.735 kasus. Disusul Jawa Barat dengan 26.468 kasus.

Bupati Aceh Selatan sesalkan tiga harimau mati terjerat

Bupati Aceh Selatan Tgk Amran menyesalkan dan prihatin tiga harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) mati terkena jerat di kawasan hutan di Kecamatan Meukek.

"Kami sesalkan dan prihatin tiga harimau ditemukan mati. Kami minta penegak hukum mengusut tuntas matinya tiga harimau sumatra tersebut," kata Tgk Amran di Tapaktuan, Jumat.

Kemensos jajaki kerja sama LKS layani disabilitas mental terjauh

Kementerian Sosial (Kemensos) sedang menjajaki kerja sama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) untuk melayani disabilitas mental dengan kondisi geografi yang jauh dari layanan sosial dan kesehatan.

"Saat ini kami menjajaki kerja sama dengan teman-teman dari LKS di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebelumnya kami sukses melaksanakan pelayanan dengan menerapkan konsep unit layanan disabilitas," ujar Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos, Eva Rahmi Kasim dalam diskusi publik daring "Penyandang Disabilitas Mental di Panti-Panti Sosial Berhak Merdeka," yang dipantau dari Jakarta, Jumat.

Sektor kehutanan miliki porsi terbesar penurunan emisi gas rumah kaca

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan bahwa sektor kehutanan memiliki porsi terbesar dalam target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) dibandingkan sektor lainnya.

"Sektor kehutanan harus menurunkan 24,1 persen dari total 41 persen emisi karbon yang harus kita turunkan," kata Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, KLHK, Ruandha Agung Sugardiman dalam konferensi pers yang dipantau via daring di Jakarta, Jumat.
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021