Kepala BNPB tinjau Posko PPKM Gampong Lambung

Kepala BNPB tinjau Posko PPKM Gampong Lambung

Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah mendampingi Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal meninjau Posko PPKM dan menyerahkan masker kepada Geuchik Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Minggu (29/8/2021). ANTARA/HO-Humas Pemerintah Aceh.

Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito meninjau Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

“Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan Posko PPKM berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya, sebagai upaya menanggulangi COVID-19 di tingkat gampong/desa,” kata Kepala BNPB Ganip Warsito di Banda Aceh, Minggu.

Pernyataan itu disampaikan di sela-selA meninjau langsung Posko PPKM di Banda Aceh. Dalam peninjauan tersebut, ia antara lain didampingi Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal, Sekda Aceh Taqwallah, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Achmad Marzuki, dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin.

Dalam kesempatan tersebut ia meminta unsur Gampong Lambung untuk saling bersinergi dalam melakukan penanganan pandemi virus corona baru itu.

Ia juga meminta protokol kesehatan diketatkan masyarakat secara ketat agar tidak terjadi transmisi lokal penularan COVID-19.

Ia mengatakan kehadirannya ke Aceh ingin mengetahui secara langsung kondisi perkembangan COVID-19, karena kenaikan kasus positif dan angka kematian meningkat.

Baca juga: Kepala BNPB minta Posko PPKM perhatikan syarat isolasi mandiri

Oleh karena itu, pihaknya bersama pemprov setempat ikut membahas dan melakukan langkah-langkah dalam upaya penurunan kasus pandemi di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Menurut dia, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menanggulangi COVID-19, yaitu mengurangi mobilitas penduduk dan mengetatkan protokol kesehatan, serta meningkatkan "testing", "tracing", dan "treatment". Pengetesan bisa memutuskan mata rantai penularan COVID-19.

“Dengan mengetahui orang yang terpapar COVID-19 maka kontak eratnya juga akan diketahui dan di situlah kita akan mengisolasi orang-orang yang terpapar sehingga virus tidak lagi menyebar kepada yang lain," kata dia.

Ganip yang juga Kepala Satgas COVID-19 itu, mengapresiasi seluruh unsur Satgas COVID-19 Gampong Lambung yang selama ini telah melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi penularan virus tersebut di daerah setempat.

Ia juga meminta mereka memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam bekerja, sebab kolaborasi menjadi kunci penanggulangan pandemi virus corona baru itu.

Baca juga: Aceh Besar terima bantuan mesin tes PCR dan 30 ribu masker dari BNPB
Baca juga: Kepala BNPB tinjau lokasi isolasi terpusat di Bali
Baca juga: Kepala BNPB minta warga jaga imun meskipun terinfeksi virus

Pewarta : M Ifdhal
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021