Depok (ANTARA) - Lembaga Vokasi Universitas Indonesia (UI) mengadakan pelatihan kehumasan dan jurnalistik untuk unsur pimpinan dan unsur pelaksana TNI Angkatan Darat.

Ketua Lembaga Vokasi UI Dr. Diaz Pranita dalam keterangannya, Kamis mengatakan bahwa pelatihan dilaksanakan selama 14 hari (1-14 September 2021) di kampus Program Pendidikan Vokasi UI. Pelatihan kehumasan yang diberikan kepada unsur pimpinan adalah di bidang strategic public relations, digital public relations, branding, media relations, dan communication in crisis.

Ia mengatakan bagi para pelaksana, pelatihan kali ini dilaksanakan dengan menitikberatkan pada kehumasan dasar, pengembangan konten jurnalistik, videografi dan fotografi.

Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta dapat membuat konten yang kreatif, informatif dan komunikatif yang etis untuk disebarkan melalui berbagai media baik media cetak, elektronik maupun online, termasuk mampu membuat foto-foto dan video yang berkualitas baik untuk dokumentasi kegiatan di satuannya masing-masing.

Baca juga: LPEM UI: Belanja infrastruktur perlu digencarkan lagi

Dari 170 peserta, ada 70 peserta unsur pimpinan yang mengikuti pelatihan daring dan 100 orang unsur pelaksana, yang mendapat pelatihan secara tatap muka, sesuai protokol kesehatan.

Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Darat, Kolonel Infanteri Mu'tamar mengatakan bahwa bagi TNI-AD, PR dan jurnalistik saat ini dirasakan sangat penting. Hal ini dapat dilihat dari satuan humas dan jurnalistik yang ada di satuan TNI-AD mulai dari tingkat Kodim, Korem, Kodam, hingga tingkat mabes TNI-AD, serta di satuan-satuan tempur.

"Oleh karena itu seluruh personel TNI-AD diharapkan memiliki kompetensi kehumasan dan jurnalistik untuk bekal menjalankan tugas khususnya dalam hal komunikasi publik. Kami berharap dengan kolaborasi ini, TNI-AD dapat belajar langsung dari pada profesional UI di bidang kehumasan," kata Mu’tamar.

Pelatihan dibuka oleh Ketua Lembaga Vokasi UI, Dr. Diaz Pranita, Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Darat, Kolonel Infanteri Mu'tammar, dan Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura dan Administrasi Umum Program Pendidikan Vokasi UI, Ir. Antony Sihombing, MPD., Ph.D., pada Selasa (1/9) di Auditorium Pusat Kegiatan Mahasiswa (Pusgiwa) Universitas Indonesia.

Sedangkan Antony Sihombing mengatakan bahwa Lembaga Vokasi merupakan unit kerja khusus di Program Pendidikan Vokasi UI yang salah satu layanannya adalah memberi pelatihan kepada para profesional.

"Tahun ini merupakan tahun ke-2 kami memeroleh kepercayaan dari TNI-AD untuk melatih para Penrem dan Kodam dalam mengelola fungsi kehumasannya secara profesional, sehingga menjadi institusi yang mampu menyampaikan informasi-informasi tepercaya kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap semoga ke depan citra TNI-AD sebagai institusi publik yang tepercaya dan dekat dengan masyarakat akan terus terbangun.
Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan melalui uji sertifikasi Public Relations di Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UI yang telah terstandar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia.

Baca juga: Dipamerkan virtual, UI hasilkan 3.890 kekayaan intelektual

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021