KDEI Taipei minta dukungan PPI dorong Kemendikbud kirim atase

KDEI Taipei minta dukungan PPI dorong Kemendikbud kirim atase

Pelantikan PPI Taiwan di gedung KDEI Taipei pada 28 Agustus 2021. ANTARA/PPI Taiwan.

Beijing (ANTARA) - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei meminta dukungan Perhimpunan Pelajar Indonesia untuk mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI mengirimkan atase pendidikan di Taiwan.

"Kami minta dukungan dari teman-teman mahasiswa untuk terus mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Ristek untuk bisa mempertimbangkan adanya atase pendidikan di Taiwan," kata Kepala Bidang Perlindungan WNI dan Penerangan Sosial dan Budaya KDEI Taipei, Fajar Nuradi dalam wawancara video yang dikirimkan PPI Taiwan kepada ANTARA Beijing, Jumat.

Ia menganggap sudah selayaknya ada Atase Pendidikan di KDEI Taipei mengingat jumlah mahasiswa Indonesia yang cukup besar di Taiwan.

Usulan mengenai adanya atase pendidikan di Taiwan sudah cukup lama diwacanakan. Bahkan hampir setiap pemilihan ketua umum baru PPI Taiwan selalu mengemuka wacana tersebut.

Sampai saat ini bidang pendidikan masih menjadi tanggung jawab Bidang Pensosbud KDEI Taipei. Sebelumnya pernah di bawah bidang pariwisata KDEI Taipei.

"Sampai hari ini saya belum melihat adanya indikasi terbentuknya atau didatangkannya atase pendidikan," kata Fajar.

Selama belum ada atase pendidikan tersebut, maka PPI Taiwan dalam melakukan berbagai kegiatan selalu berkoordinasi dengan Pensosbud KDEI Taipei.

Fajar juga mendorong PPI Taiwan pada periode kepengurusan 2021-2022 untuk terus membantu program pemberdayaan pekerja migran Indonesia yang dilakukan oleh KDEI Taipei.

"PPI Taiwan sudah banyak berkontribusi juga untuk pemberdayaan PMI, seperti mengadakan pelatihan bahasa. Harapannya lebih banyak yang bisa dilakukan bersama-bersama dengan KDEI terkait hal ini," pesan Fajar.

Kepengurusan PPI Taiwan periode 2021-2022 telah resmi terbentuk setelah dilantik di gedung KDEI Taipei pada 28 Agustus dengan menerapkan protokol kesehatan antipandemi COVID-19 secara ketat.

Sebelumnya PPI Taiwan memilih Miftakhul Jannatain sebagai ketua umum periode 2021-2022.

Dengan terpilihnya Miftakhul Jannatain tersebut, maka untuk pertama kalinya PPI Taiwan memiliki ketua umum perempuan.

Baca juga: PPI Taiwan untuk pertama kali dipimpin perempuan
Baca juga: PPI: Mahasiswa Indonesia di Taiwan bukan kerja paksa
Baca juga: PPI bangkitkan semangat kewirausahaan TKI Taiwan
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021