Garuda Shield juga jadi ajang kerja sama kehumasan TNI AD-AD AS

Garuda Shield juga jadi ajang kerja sama kehumasan TNI AD-AD AS

Salah satu agenda latihan gabungan Garuda Shield 2021. ANTARA/HO- Dinas Penerangan TNI AD

Jakarta (ANTARA) - Program Garuda Shield 2021 antara TNI AD dan Angkatan Darat Amerika Serikat tidak hanya menjadi sarana latihan tempur saja tetapi juga sebagai ajang kerja sama kehumasan Dinas Penerangan TNI AD dengan Dinas Hubungan Masyarakat Angkatan Darat Amerika Serikat (Public Affairs Office US Army/PAO).

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigadir Jenderal TNI Tatang Subarna, dalam siaran TNI AD diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan, kerja sama saling melengkapi itu dipraktikkan dalam meliput kegiatan Garuda Shield 2021.

Baca juga: Prajurit US Army beri hadiah tukang bangunan di Mabes AD

"(Kolaborasi Dispenad-PAO US Army) meliput itu keren sekali, ada dari Angkatan Darat Amerika Serikat dan ada dari kita, itu keren sekali," kata dia.

Videografer Dinas Penerangan TNI AD, Sersan Satu Sandhya Bagus, mengatakan, personel Dinas Penerangan TNI AD dan Dinas Hubungan Masyarakat Angkatan Darat Amerika Serikat saling berbagi ilmu dalam meliput kondisi pertempuran di latihan tempur Garuda Shield 2021. "Kami saling bertukar gambar, saling melengkapi, dan saling berbagi ilmu," kata dia.

Baca juga: Kasad: Jadikan Garuda Shield ajang jalin persahabatan TNI AD-US Army

Perwira Dinas Urusan Masyarakat Angkatan Darat Amerika Serikat, Mayor Jimmy Seehan, terkesan dengan cara kerja, cara-cara personel Dinas Penerangan TNI AD mengabadikan momen latihan tempur Garuda Shield 2021.

"Tim Dispenad merupakan salah satu dari PAO yang luar biasa, pekerja keras. Saya telah bekerja sama dengan lusinan PAO negara dan PAO TNI AD merupakan pekerja keras," ujarnya.

Baca juga: Pengamat militer harap timbal balik dari latihan TNI AD-US Army

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa, telah berpesan kepada prajurit yang terlibat latihan bersama program Garuda Shield 2021 agar menjadikan kesempatan itu sebagai ajang menjalin persahabatan dan hubungan baik antara prajurit TNI AD dengan tentara Amerika Serikat.

Ia mengatakan banyak hal yang akan didapat oleh prajurit dalam kegiatan Garuda Shield 2021 itu. “Jadikan prajurit TNI AD seperti saudara kalian, karena saya ingin mereka mengenal kalian lebih dekat dengan berinteraksi, sehingga berteman dengan baik, dan membangun hubungan, karena itulah hal terpenting yang saya ingin mereka dapatkan dari latihan ini," ujar dia.

Baca juga: Pakar: Latihan "Garuda Shield" tidak cederai politik bebas aktif

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021