Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa target vaksinasi dengan sasaran dua juta orang per hari akan segera tercapai seiring dengan upaya percepatan vaksinasi yang terus dilakukan oleh pemerintah.

Kapolri dalam kunjungan bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di wilayah Malang Raya, Jawa Timur, Sabtu mengatakan dengan adanya kegiatan vaksinasi massal, target dari Presiden Indonesia Joko Widodo soal suntikan vaksin dua juta per hari akan segera tercapai.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri tinjau pelaksanaan vaksinasi di Malang

"Untuk mencapai angka dua juta suntikan per hari, (untuk Jatim) dengan vaksinasi kurang lebih 300 ribu. Kemarin wilayah Jatim sudah mencapai angka 280 ribu. Harapan kami hari ini angka 300 ribu bisa tercapai," kata Sigit.

Eks Kapolda Banten tersebut berharap seluruh elemen di Jawa Timur dapat mempertahankan tren positif guna mencapai kekebalan komunal sebagaimana target yang telah ditetapkan pemerintah dalam penanganan dan pengendalian COVID-19.

"Mudah-mudahan bisa lebih, sehingga target ini betul-betul bisa tercapai. Ke depan terus dipertahankan," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Sigit menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pemda, Dinas Kesehatan, personel TNI-Polri, relawan dan elemen masyarakat lainnya, yang telah bekerja keras menurunkan laju pertumbuhan COVID-19.

"Sehingga, saat ini BOR di Jatim di bawah rata-rata nasional sekitar 16-17 persen. Kemudian positivity rate-nya juga sudah di bawah rata-rata nasional. Jadi ini adalah kerja luar biasa," ucap Sigit.

Kendati demikian, Sigit tetap menekankan seluruh pihak untuk tidak lengah ketika terjadinya penurunan kasus harian virus corona seperti sekarang ini. Pengawasan dan penegakan protokol kesehatan (prokes) harus tetap dilakukan sekuat mungkin.

"Yang perlu saya ingatkan, walaupun angka turun dan tentunya diikuti dengan kelonggaran, saya pesan bersama Panglima untuk penegakan prokes harus tetap kuat," papar Sigit.

Baca juga: Gubernur Jatim sebut sinergi dan kolaborasi kunci percepatan vaksinasi

Baca juga: Panglima TNI ingatkan jangan lengah terhadap penurunan kasus COVID-19


Dalam kunjungan kerja kali ini, Kapolri dan Panglima TNI meninjau pelaksanaan vaksinasi di sejumlah tempat di wilayah Malang Raya, didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Rombongan meninjau vaksinasi di SMA Cor Jesu yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Malang dan di Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nur 2, di Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021