Jakarta (ANTARA) - Film besutan Legendary/Warner Bros yang sangat dinantikan, "Dune" telah dirilis di berbagai negara dengan pendapatan 36,8 juta dolar AS di 24 negara dan 7.819 layar.

Mengutip The Hollywood Reporter, Senin, Rusia memimpin penjualan tiket internasional dengan 7,6 juta dolar AS, diikuti oleh Prancis (7,5 juta dolar AS), Jerman (4,9 juta dolar AS), dan Italia (2,6 juta dolar AS).

Penjualan tiket untuk layar berformat besar pun sangat menonjol, dengan film tersebut menghasilkan 3,6 juta dolar AS dalam penjualan tiket IMAX dari 142 layar. Penjualan tiket IMAX mencapai 10 persen dari total pendapatan internasional film tersebut.

Film ini memang diambil untuk tampilan format besar, dengan versi IMAX menampilkan rasio aspek yang diperluas secara eksklusif.

Akhir pekan depan, "Dune" akan melanjutkan ekspansi internasionalnya, mulai dari Timur Tengah, sebelum akhirnya berekspansi ke pasar yang lebih kecil pada pertengahan Oktober dan kemudian memulai debutnya di seluruh dunia pada 22 Oktober. Perlu dicatat bahwa lonjakan kasus COVID-19 terus berdampak pada pasar internasional seperti Australia, Jepang, dan Korea.

Film ini akan memulai debutnya di AS pada 22 Oktober. Seperti semua judul Warner Bros 2022, "Dune" akan tayang di HBO Max dan di bioskop.

Layanan streaming tidak tersedia secara internasional, artinya epik fiksi ilmiah hanya tersedia di bioskop luar negeri.

"Dune" juga akan debut di China melalui Legendary pada tanggal 22 Oktober yang baru-baru ini diumumkan.

Timothée Chalamet memimpin adaptasi dari sutradara Denis Villeneuve untuk buku fiksi ilmiah klasik tahun 1965 karya Frank Herbert berjudul sama.

Selain Chalamet, Oscar Isaac, Josh Brolin, Zendaya, Rebecca Ferguson, dan Javier Bardem juga bergabung dalam film ini.

Baca juga: Denis Villeneuve: "Dune" film yang relevan dengan kondisi saat ini

Baca juga: Cerita Zendaya soal kesehatan mental hingga impian jadi sineas

Baca juga: Cerita Timothee Chalamet perankan Paul Atreides di film "Dune"

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021