Batam (ANTARA) - Kapal Patroli Bakamla KN Pulau Dana-323 melaksanakan "passing exercise" bersama Kapal Coast Guard Amerika Serikat USCGC Munro-755 di sepanjang perbatasan laut Indonesia-Singapura, Selat Singapura, Senin.

Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita menyatakan KN Pulau Dana-323 yang sedang melaksanakan patroli rutin keamanan dan keselamatan laut di sekitar perbatasan laut Indonesia-Singapura mendapati kontak radio sekitar pukul 08.00 WIB dari USCGC Munro yang sedang bertolak dari Singapura melalui jalur internasional bagian timur Selat Singapura.

Pertemuan itu dijadikan ajang latihan kedua lembaga penjaga pantai.

Baca juga: Panglima Koarmada I TNI AL pastikan KRI siaga di Laut Natuna

"Dengan eratnya hubungan kerja sama antara Bakamla RI dengan US Coast Guard dan menanggapi informasi tersebut, maka kedua kapal mengabadikan momen itu dengan melaksanakan 'passing exercise'," kata dia dalam keterangan tertulis

KN Pulau Dana dan USCGC Munro bertemu di titik Rendezvous (RV) 1° 13’ 45” N-104° 03’ 24” E. USCGC Munro masih berada di jalur perairan internasional dan KN Pulau Dana-323 berada di batas perairan teritorial Indonesia.

Dengan formasi C, dan jarak antarkapal 500 yard dengan kecepatan 10 knot, kedua kapal melakukan "communication exercise" dengan menggunakan frekuensi umum CH16, utama CH67, dan sekunder CH72.

Baca juga: TNI AL tak temukan ribuan kapal di Laut Natuna Utara saat patroli

Pada jarak sekitar 1.5 nautical mile (NM) dari titik RV dilanjutkan dengan "flag hoist exercise" atau komunikasi dengan bendera.

Selanjutnya, dengan jarak 3 NM dari titik RV dengan USCG Munro sebagai penjuru, KN. Pulau Dana-323 melakukan "escort exercise" dengan formasi 3. Sampai pada jarak 6.7 NM, kedua kapal melakukan "photo exercise".

Mengakhiri kegiatan passing exercise, KN Pulau Dana-323 melakukan "salute" atau penghormatan kepada USCGC Munro sebelum melanjutkan patroli.

Selanjutnya, KN Pulau Dana kembali melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan teritori Indonesia bagian Timur.

Baca juga: TNI AL benarkan kapal induk AS kerap melintasi Laut Natuna Utara

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021