Untidar-Polres Magelang Kota vaksinasi dengan sasaran 3.000 orang

Untidar-Polres Magelang Kota vaksinasi dengan sasaran 3.000 orang

Suasana "Vaksinasi Merdeka Serentak" diselenggarakan Universtis Tidar Kota Magelang-Polres Magelang Kota, Rabu (22/9/2021). ANTARA/HO-Humas Untidar Kota Magelang

Magelang (ANTARA) - Universitas Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah bekerja sama dengan Kepolisian Resor Magelang Kota menggelar vaksinasi massal dengan sasaran 3.000 orang dari kalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri itu dan masyarakat umum selama 22-23 September 2021.

Ketua panitia pelaksana kegiatan itu, Kartiko Budiyono, di Magelang, Rabu, mengatakan pengumuman pendaftaran vaksinasi dimulai pada 19 September 2021 melalui media sosial resmi Untidar dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Untidar.

Selain itu, kata dia dalam rilis Humas Unitidar, informasi juga disebarluaskan melalui grup WhatsApp dan media lokal.

"Antusiasme mahasiswa Untidar serta masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan vaksin. Terbukti kuota 3.000 dosis vaksin terpenuhi," katanya.

Vaksinasi dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum dr. H. Suparsono Untidar mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Kegiatan ini bagian dari Gerakan Indonesia Bangkit, Sinergitas BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Polri dengan tajuk "Vaksinasi Merdeka Serentak", berlangsung di 96 titik di Indonesia.

Acara ini dibuka secara daring oleh Presiden Joko Widodo, sedangkan di Untidar hadir, antara lain Wali Kota Magelang Muhammad Nur Aziz, Ketua Kejaksaan Negeri Kota Magelang Siti Aisyah, dan Kapolres Magelang Kota AKBP Asep Mauludin, dan Rektor Untidar Mukh Arifin.

Baca juga: Presiden Jokowi ingatkan dua kunci pengendalian COVID-19
Baca juga: Polda Metro gelar "Vaksinasi Merdeka" di daerah penyangga 17 September


Kartiko Budiyono mengatakan vaksin yang digunakan merek Sinovac, sedangkan untuk mencegah kerumunan, kegiatan dilaksanakan dua hari, 22 dan 23 September 2021, dengan pembagian jumlah peserta, alur, serta teknis pelaksanaan telah diatur oleh Polres Magelang Kota.

Pelaksanaan vaksinasi selanjutnya pada 28 hari mendatang. Pemberian vaksin lanjutan ini akan diinformasikan kepada peserta vaksinasi via grup telegram yang dikelola oleh BEM KM Untidar.

Dalam kegiatan itu, diturunkan sekitar 50 tenaga kesehatan dari RSU Tidar Magelang, Rumah Sakit Budi Rahayu, Klinik Indonesia, dan Dokkes Polres Magelang. Mereka melaksanakan pengukuran tensi, penapisan, dan penyuntikan vaksin.

Sekitar 100 tenaga pendukung serta anggota panitia dari BEM KM Untidar membantu kegiatan di bagian pendaftaran dan pengaturan peserta vaksinasi.

Baca juga: Panglima TNI tinjau vaksinasi di Ponpes Payaman Magelang
Baca juga: Universitas Muhammadiyah Magelang gelar vaksinasi massal lintas agama


Rektor Mukh Arifin mengapresiasi kinerja panitia vaksinasi tersebut sehingga kegiatan berlangsung lancar dan tertib.

"Terima kasih kepada Polres Magelang Kota serta BEM KM Untidar yang telah berkolaborasi mewujudkan program vaksinasi ini dalam rangka percepatan herd immunity (kekebalan komunal)," katanya.

Kapolres Asep Mauludin mengapresiasi antusiasme peserta vaksinasi di tempat itu.

"Kami mengapresiasi tingginya semangat untuk mengikuti vaksin dari mahasiswa Untidar dan masyarakat umum," katanya.

Ia mengemukakan vaksinasi berlangsung lancar dan tertib, terutama karena didukung dengan koordinasi yang baik dalam penyelenggaraannya.

Baca juga: Pemkot Magelang perbaiki kualitas data kasus COVID-19
Baca juga: Pemkot Magelang selenggarakan vaksinasi di tempat wisata
Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021