Hadirnya SPKLU ini dapat mendukung terwujudnya 'electrifying lifestyle' di masyarakat
Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) akan membangun tiga stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) pada 2021 ini.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid di Makassar, Sulsel, Jumat menyebutkan ketiga SPKLU yakni Balai Kota Kendari, Kantor Gubernur Sulsel, dan Nipah Mall Makassar.

"Semuanya masih dalam proses penetapan, khusus untuk di Nipah Mall masih dalam perencanaan," ujarnya.

Awaluddin menyampaikan keberadaan SPKLU ini sebagai wujud dukungan terhadap penggunaan kendaraan ramah lingkungan.

Di Indonesia timur, SPKLU pertama telah bisa diakses di PLN ULP Mattoanging, Makassar, Sulawesi Selatan, yang telah diresmikan pada pertengahan 2021 lalu.

"Hadirnya SPKLU ini dapat mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di masyarakat dan mendukung para pengusaha penyedia kendaraan listrik dalam menyediakan kendaraan listrik khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat," ujar

SPKLU Mattoanging telah dilengkapi pengisian daya 25 kW yang memungkinkan pelanggan melakukan pengisian daya hanya dengan waktu 30 menit, untuk jarak sekitar 100 km dan terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN.

Aplikasi Charge.IN adalah aplikasi charging yang pertama pada SPKLU bagi konsumen pemilik KBLBB. Dengan aplikasi Charge.IN, pemilik KBLBB bisa mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil atau motor listrik di stasiun-stasiun pengisian atau SPKLU.

Aplikasi PLN Charge.IN sudah tersedia di Google Playstore, sehingga saat ini masyarakat sudah dapat menikmati kemudahan dalam mengisi daya kendaraan listrik.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengungkapkan PLN merencanakan pembangunan 67 SPKLU di seluruh Tanah Air sepanjang 2021.

Hingga kini, perseroan telah mengelola 46 SPKLU di 33 lokasi. Hadirnya SPKLU dianggap menjadi bagian terpenting, karena dengan banyaknya SPKLU yang tersedia maka memberikan kemudahan bagi para pemilik kendaraan listrik untuk beroperasi.

"Kami tidak mau sendirian karena kami ingin membuat ekosistem kendaraan listrik ini tumbuh. Pengusaha yang tertarik silahkan, kami terbuka untuk bekerja sama," kata dia.

Baca juga: PLN tawarkan kerja sama bangun SPKLU kendaraan listrik
Baca juga: Sambut insentif PPnBM, PLN beri diskon tarif isi daya mobil listrik
Baca juga: Stasiun pengisian kendaraan listrik pertama di Sulsel dibangun PLN

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021