Lantamal III gelar vaksinasi di Cianjur untuk 4.000 warga

Lantamal III gelar vaksinasi di Cianjur untuk  4.000 warga

Komandan Lantamal III, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Umar Farouq, melihat pelaksanaan vaksinasi masal di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021) ANTARA/Ahmad Fikri

Cianjur, Jabar (ANTARA) - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III menggelar vaksinasi di Cianjur, Jawa Barat, untuk 4.000 penerima sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam pencapaian vaksinasi yang dinilai masih rendah.

"Sesuai instruksi Presiden, kita menggelar gebyar vaksinasi di Cianjur, salah satunya di Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, dengan menyediakan 4.000 dosis vaksin jenis Sinovac untuk masyarakat umum," kata Komandan Lantamal III, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Umar Farouq di Cianjur Jumat.

Pihaknya menargetkan di empat titik tersebut masing-masing dapat menuntaskan pemberian vaksin selesai dalam satu hari, sebagai upaya meningkatkan persentase vaksinasi yang masih rendah.

Baca juga: Vaksinasi massal sasar 6 ribu warga Ambon

Bahkan di empat titik di Cianjur, pihaknya menyediakan total vaksin sebanyak 4.000 dosis, sehingga dalam pekan ini, ada tambahan persentase yang dapat dicapai Pemkab Cianjur, sehingga upaya tersebut akan dilakukan berkelanjutan.

"Kenapa kita memilih Cianjur karena hasil koordinasi dengan pihak pemerintah, wilayah mana saja yang masih rendah angka vaksinasi, kami memilih lokasi di Cianjur sebagai upaya membantu meningkatkan angka tersebut," katanya.

Baca juga: ISNU Jatim kerahkan nakes vaksinasi COVID-19 massal di UIN Tulungagung

Pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menggelar vaksinasi masal di empat titik tersebut, dengan target dapat membantu Cianjur menjadi salah satu kabupaten dengan pencapaian vaksinasi hingga 70 persen.

"Kami berharap target tersebut dapat tercapai, untuk vaksinasi kedua kita akan gelar kembali setelah 28 hari. Kalau masih memungkinkan, kita juga akan menggelar di lokasi berbeda," katanya.

Baca juga: BIN gelar vaksinasi massal di 10 provinsi

Sementara antusias warga untuk mendapatkan vaksinasi di Desa Batulawang dan desa sekitarnya, cukup tinggi, hingga siang menjelang ratusan warga mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama yang digelar di balai desa.

"Sejak beberapa pekan terakhir, kami sekeluarga sudah niat untuk mendapatkan vaksinasi, namun jaraknya jauh ke Cianjur atau ke kantor kecamatan. Kebetulan Lantamal mengelar vaksinasi, kami merasa bersyukur tidak perlu jauh-jauh," kata Yadi (38) warga Desa Batulawang.
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021