Puncak perjuangan kita adalah amendemen Undang-Undang Dasar 1945.
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengajak seluruh senator untuk terus mengayuh alias bergerak agar tujuan untuk melakukan amendemen Undang-Undang Dasar 1945 bisa tercapai.

Ajakan itu disampaikan La Nyalla saat Gowes Santai Bersama Senator untuk memeriahkan HUT ke-17 DPD RI, di Lapangan Nusantara, Kompleks DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Sabtu.
 
"Hidup itu seperti mengayuh sepeda. Bersepeda adalah puncak upaya manusia. Untuk sampai ke tujuan, kita mesti mengayuh berkali-kali. Tapi percayalah, kayuhan kita takkan sia sia. Kita akan sampai tepat waktunya. Maka kayuhan kita tidak boleh berhenti. Begitu pun perjuangan kita. Puncak perjuangan kita adalah amendemen Undang-Undang Dasar 1945," katanya pula.
 
Senator asal Jawa Timur ini menjelaskan, amendemen adalah momentum terbaik untuk melakukan koreksi atas arah perjalanan bangsa.
 
Amendemen, ujar dia, juga harus menjadi momentum penguatan kelembagaan DPD RI sebagai lembaga perwakilan dalam sistem bikameral.
 
Oleh karena itu, La Nyalla menilai penguatan DPD tidak bisa ditunda-tunda lagi.
 
"Daerah menunggu kiprah konkret kita. Daerah yang kita wakili ingin kita bekerja lebih efektif dan lebih mampu menyuarakan kepentingan mereka. Oleh karena itu, kita akan terus melaju. Kita akan terus mengayuh. Maka teruslah bergerak," kata mantan Ketua Umum PSSI itu pula.
 
Ketua Panitia acara gowes ini Alexander Franciscus juga menegaskan bahwa di usia 17 tahun, DPD harus dituntut mempunyai semangat baru yang bisa memberikan perubahan signifikan dan dirasakan oleh masyarakat di daerah. Sesuai moto DPD RI "Dari Daerah Untuk Indonesia".
 
"Di usia 17 ini menjadi momentum kita untuk semakin rajin bekerja membawa aspirasi dan persoalan daerah untuk diselesaikan di pusat," katanya pula.
 
Acara gowes yang diikuti Ketua DPD RI, Wakil Ketua I Nono Sampono, para senator, Sekjen dan jajaran pegawai DPD RI itu mengambil rute gowes dari depan Gedung Nusantara, berputar sampai lapangan bola kemudian kembali ke depan lapangan Gedung Nusantara.
 
Beberapa senator yang hadir antara lain Bustami Zainudin, Abdullah Puteh, Eni Sumarni, Habib Bahasyim, Fahira Idris, Fachrul Razi, Alexander Franciscus, Sukiryanto, Dharma Setiawan, dan Leonardy Harmayn.
 
Usai gowes dilanjutkan dengan senam bersama dan pengundian kupon door prize. Ketua DPD RI juga memberikan plakat sebagai ucapan terima kasih kepada sponsor yang ikut berpartisipasi dalam acara itu.
Baca juga: Senator se-Sumatera bahas perubahan iklim hingga amendemen
Baca juga: DPD RI akan selenggarakan safari konstitusi di empat universitas

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021