sudah terlalu padat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah kota Jakarta Barat dalam waktu dekat akan memekarkan Kelurahan Kapuk yang kondisinya saat ini sudah terlalu padat.

"Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat perlu dilakukan pemekaran wilayah," kata Camat Cengkareng Ahmad Faqih saat ditemui di kawasan Kapuk, Selasa.

Baca juga: Sebanyak 14 mobil damkar padamkan kebakaran di Kapuk Raya

Faqih mengatakan saat ini terdapat 180.000 jiwa yang tinggal di kawasan kelurahan Kapuk. Mereka adalah penduduk yang tercatat sesuai nomor induk kependudukan (NIK).

Beberapa kendala pun sempat dialami pihak kecamatan dalam mengelola ribuan warga itu, salah satunya capaian vaksin yang masih di bawah rata rata yakni 70,24 persen.

Baca juga: Pemkot Jakarta Utara tangani persoalan tembok di Kecamatan Penjaringan

Karena terlalu padat,  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengusulkan pemekaran wilayah Kapuk ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Usulan tersebut kini sedang dikaji  Pemerintah Kota Jakarta Barat untuk dilakukan pemekaran.

"Rencana pemekaran wilayah memang seperti diutarakan Pak Wakil Wali Kota sudah dilakukan pengkajian oleh biro tata pemerintahan kota," kata dia.

Baca juga: Langgar prokes, Polisi-Satpol PP segel Vote Bar di Pantai Indah Kapuk

Faqih belum bisa memastikan kapan pemekaran ini akan dilaksanakan. Pihaknya hanya menunggu instruksi pemerintah kota dan Provinsi untuk instruksi lebih lanjut.


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021