Kapolda jamin keamanan upacara pembukaan PON Papua

Kapolda jamin keamanan upacara pembukaan PON Papua

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri dalam konferensi pers jelang pembukaan PON Papua di Media Center Klaster Kabupaten Jayapura di Grand Allison, Jumat (1/10/2021). ANTARA/Muhammad Ramdan.

Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menjamin keamanan saat upacara pembukaan atau opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan bergulir di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

"Untuk pengamanan pembukaan PON Papua, besok, kami aparat keamanan khususnya Polri dan teman-teman dari TNI telah siap," kata Mathius dalam konferensi pers di Media Center Klaster Kabupaten Jayapura di Grand Allison Sentani.

Dalam kesempatan ini, Mathius mengajak semua masyarakat untuk turut menjaga keamanan dan kenyamanan sehingga pembukaan PON Papua dapat berlangsung dengan lancar.

Baca juga: Polri: Situasi jelang pembukaan PON Papua kondusif

"Kita juga bisa menunjukkan kepada seluruh masyarakat di luar Provinsi Papua, bahkan ke luar bahwa Papua bisa menjadi tuan rumah PON yang baik dan sukses," pria 53 tahun itu menuturkan.

PON Papua akan secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo yang telah tiba pada Jumat siang WIT. Dalam upacara pembukaan, protokol kesehatan ketat bakal diberlakukan.

Panitia pun membatasi jumlah penonton yang hadir yakni 25 persen dari kapasitas Stadion Lukas Enembe sebanyak 40.000 penonton.

Meski pembukaan baru dilakukan besok, sejumlah cabang olahraga telah menggelar pertandingan. Mathius pun menyebut antusias masyarakat sangat luar biasa.

"Saya bersyukur sampai hari ini situasi secara keseluruhan di Papua sangat aman, nyaman, dan kondusif," kata Mathius.

"Tentunya, kami yang mendapat amanat dari negara dan PB PON untuk pengamanan berusaha semaksimal mungkin," pungkas Mathius.

Baca juga: Sehari jelang pembukaan PON Papua, 24 medali emas diperebutkan
Baca juga: PB PON: Persiapan upacara pembukaan PON Papua sudah 95 persen
Pewarta : Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021