Papua (ANTARA) - Pengunjung yang akan menyaksikan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu, harus melalui empat lapis pemeriksaan keamanan.

"Untuk bisa mendapat undangan masuk ke stadion, pertama kita harus mendaftar secara online dulu di tiket.com atau website resmi PON XX Papua," kata salah satu pengunjung, Irma Reyaan (31) yang ditemui di sekitar stadion.

Warga Enterop, Kota Jayapura, itu mendaftar sejak Kamis (30/9) via tiket.com dengan persyaratan sertifikat vaksinasi dosis kedua serta pendataan kartu identitas KTP.

Usai mendaftar, Irma memperoleh surat undangan yang dapat diunduh secara langsung untuk ditukarkan dengan gelang di lokasi penyelenggaraan pembukaan PON. Seluruh mekanisme pendaftaran dibuka secara gratis.
 
Pengunjung seremoni pembukaan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). ANTARA/Andi Firdaus/am.

Khusus bagi pengunjung dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua,  undangan diperoleh dari masing-masing kantor.

"Kita juga harus daftar online KTP dan kartu vaksin dua dosis. Kira-kira 1x24 jam kita baru dapat undangan di PB PON Papua yang bisa diambil di Jalan Otonom Kota Raja, Kota Jayapura," kata Ricky Kurniawan (30), 
ASN di Kantor Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemprov Papua.

Undangan tersebut kemudian dibawa ke Stadion Lukas Enembe untuk ditukar dengan gelang. "Proses penukaran undangan juga diverifikasi KTP dan kartu vaksin setelah itu dapat gelang," katanya.

Gelang yang disediakan panitia terbagi atas dua jenis. Warna merah untuk pengunjung asal Kabupaten Jayapura dan gelang putih untuk pengunjung asal Kota Jayapura.

Pada bagian gelang terdapat kode batang yang akan discan panitia di pintu masuk untuk proses verifikasi kedatangan. Selain itu mereka juga diwajibkan menjalani tes suhu di pintu masuk.

 
Pengunjung seremoni pembukaan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021). ANTARA/Andi Firdaus/am.

Pantauan di pintu timur akses masuk penonton pada Sabtu siang, tampak pengunjung mengantri cukup panjang yang didominasi ASN dari Pemprov Papua. Terdapat empat lajur antrian penonton untuk proses masuk.

Setiap lajur antrian memiliki empat tahapan pemeriksaan. Pada pos pertama petugas memeriksa gelang serta barang terlarang. Pos kedua dilakukan pemeriksaan suhu.

Petugas berseragam TNI dan Polri juga memeriksa barang bawaan pengunjung menggunakan alat pendeteksi metal di pos tiga. Petugas di pos empat bertugas memindai kode batang yang tertera di gelang pengunjung.

Pembukaan PON XX Papua diagendakan berlangsung pukul 19.00 WIT yang menghadirkan acara hiburan musik, parade atlet, penampilan budaya hingga penyalaan kembang api.

Peresmian PON XX Papua dilakukan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Ka Ops Deraku Cartenz pimpin apel pengamanan pembukaan PON XX
Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri pastikan PON Papua berlangsung aman
Baca juga: Panglima TNI: Antisipasi gangguan sekecil apa pun dalam pengamanan PON

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021