Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) bergerak cepat membantu perbaikan kerusakan pada panel instalasi milik Mimika Sport Center (MSC), Papua, pada Minggu (3/10/2021) pukul 10.41 WIT, sehingga pasokan listrik kembali normal.

Dalam rilisnya di Jakarta, Selasa, Manajer PLN UP3 Timika Martinus I Pasensi memastikan keandalan pasokan listrik untuk PON XX Papua aman.

Ia mengatakan saat mendapat laporan listrik padam, petugas PLN langsung melakukan pengecekan instalasi kelistrikan pada pukul 10.42 WIT.


Baca juga: PLN bersyukur kelistrikan terjaga selama upacara pembukaan PON Papua

Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan MCCB panel instalasi gedung utama Basket Stadion Indoor trip, sehingga sebagian venue padam. Sementara pasokan listrik dari PLN teridentifikasi tidak mengalami masalah

Petugas PLN pun membantu mensupervisi teknisi gedung MSC, melakukan percepatan penggantian MCCB yang rusak dan selanjutnya dilakukan penormalan sistem instalasi gedung basket.

Dengan upaya cepat petugas PLN dan teknisi gedung MSC, pada pukul 14.00 WIT gangguan berhasil dinormalkan.

Martinus juga mengimbau pelanggan untuk ikut menjaga instalasi listrik di bangunan miliknya. Sebab, dalam hal instalasi listrik di bangunan, kewenangan PLN hanya sampai kWh meter saja.

Baca juga: PLN sukses hadirkan listrik tanpa kedip pada pembukaan PON Papua

"Sehingga, peran serta pelanggan untuk ikut menjaga instalasi listrik menjadi tanggung jawab yang sangat vital," papar dia.

Meski demikian, PLN juga menyediakan layanan pengaduan apabila terjadi keluhan dan gangguan di sisi pelanggan. Pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan dan pengaduan kelistrikan melalui Contact Center PLN 123 dan melalui gadget dengan Aplikasi PLN Mobile.

“Aplikasi PLN Mobile sekarang sudah sangat lengkap dan mengakomodir kebutuhan pelanggan. Silahkan download aplikasi PLN Mobile agar pelanggan dapat melaporkan ke petugas terkait potensi bahaya kelistrikan dan pengaduan pelanggan lainnya,” katanya.


Baca juga: PLN siapkan 2,2 MW listrik untuk pembukaan PON Papua

Baca juga: PLN jamin listrik tanpa kedip saat pembukaan PON Papua

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021