Jayapura (ANTARA) - Tim Gorontalo berhasil merebut medali emas cabang olahraga sepak takraw kategori double event putra PON XX Papua setelah mengalahkan Jawa Tengah pada laga final di GOR Trikora UNCEN, Jayapura, Kamis.

Gorontalo harus memainkan tiga set sebelum akhirnya meraih kemenangan 2-1 (24-22, 17-21, 21-14) atas Jawa Tengah

Pada set pertama, pertandingan berlangsung ketat dan terjadi kejar-mengejar angka hingga terjadi tiga kali "deuce" (20-20, 21-21, 22-22) sebelum akhirnya Gorontalo merebut dua angka untuk menutupnya dengan skor tipis 24-22.

Di set kedua, Jateng berhasil bangkit dengan bermain lebih solid dan menyamakan kedudukan 1-1 saat meraih kemenangan 21-17 untuk memaksa Gorontalo memainkan set ketiga (tie break).

Di set penentuan ini, tim Gorontalo tampil taktis dengan serangan dan pertahanan yang lebih bagus. Mereka unggul dalam pengumpulan angka cukup jauh hingga menang 21-14 dan memastikan medali emas menjadi miliknya.

Sementara medali perunggu nomor double event putra dibawa pulang tim Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Timur yang terhenti di semifinal.

Selain sektor putra, hari ini juga dipertandingkan final kategori double event putri yang mempertemukan tuan rumah Papua dengan Jawa Barat.

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2021