Jakarta (ANTARA) - Platform kredit digital Kredivo terus mengadakan literasi keuangan bagi anak muda, bertepatan dengan Bulan Inklusi Keuangan yang diadakan Otoritas Jasa Keuangan setiap Oktober.

"Sebagai pelaku industri ekonomi keuangan digital, kami melihat potensi yang besar dari generasi muda yang melek keuangan bagi pertumbuhan ekonomi," kata General Manager Kredivo, Lily Suriani, saat acara webinar "Generasi Djempolan" untuk anak muda di Bandung, Jumat.

Kredivo membidik anak muda agar paham tentang layanan keuangan digital karena hampir 50 persen pengguna mereka adalah generasi milenial dan Z. Di Bandung, pengguna Kredivo mayoritas berusia 20-24 tahun dan 25-29 tahun.

Baca juga: Kredivo akan merger dengan VPC Impact jadi perusahaan publik

"Di Bandung sendiri, generasi muda memiliki peran penting bagi pertumbuhan ekonomi lokal, melalui industri kreatif. Oleh karena itu, di tengah kompetisi yang semakin ketat, daya saing pelaku industri kreatif di kota ini harus senantiasa ditingkatkan," kata Lily. 

Literasi keuangan dipandang penting karena Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) OJK pada 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan baru mencapai 38,03 persen, sementara indeks inklusi keuangan 76,19 persen.

Pandemi virus corona membuat masyarakat mulai memanfaatkan teknologi, termasuk layanan keuangan digital.

Survei Indonesia e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek dan Bain Company, yang dikutip Kredivo, menunjukkan ada 37 persen pengguna yang baru menggunakan layanan ekonomi digital saat pandemi.

Hampir semua dari mereka, 93 persen, akan terus menggunakan sekurang-kurangnya satu layanan digital.

Kredivo melihat sejak pandemi, masyarakat mengurangi belanja produk non-pokok dan beralih ke produk yang meningkatkan produktivitas.

Data Kredivo untuk penggunaan layanan mereka di Bandung, Jawa Barat, menunjukkan pengguna paling banyak menggunakan layanan tersebut untuk membeli pulsa dan kupon elektronik, diikuti alat elektronik dan fesyen.

Kredivo juga memiliki layanan pinjaman, yang banyak digunakan untuk modal usaha, kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pendidikan.

Baca juga: Kiat hindari transaksi pinjaman online ilegal

Baca juga: Kredivo lakukan ekspansi ke Vietnam

Baca juga: Kredivo menjadi perusahaan publik, investasi TelkomGroup berbuah manis

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021