Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengharapkan Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan segera dibuka bagi pengunjung untuk wisata.

"Ini kita sedang lihat persiapannya untuk dibuka kemudian untuk dikembangkan dilakukan revitalisasi," kata Riza saat mengunjungi Ragunan di Jakarta Selatan, Sabtu.

Baca juga: Kadis KPKP DKI Jakarta resmikan "container farming" di Ragunan

Riza mengatakan rencana pembukaan Ragunan tentunya akan dilakukan secara bertahap.

"Mudah- mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi Ragunan bisa dibuka untuk umum sekalipun secara bertahap belum diperkenankan untuk anak-anak di bawah 12 tahun," ujar dia.

Sementara itu Kepala Unit Pengelola Ragunan Endah Rumiyati menuturkan bahwa pihaknya saat ini sedang memproses penyediaan barcode aplikasi PeduliLindungi sebagai wadah pengecekan bukti vaksinasi bagi pengunjung.

"Aplikasi PeduliLindungi kita sedang berproses jadi kita memang berharap pada saat sudah dibuka aplikasi Peduli Lindungi sudah bisa kita gunakan," tutur Endah.

Namun, Endah pun belum dapat memastikan kapan Ragunan akan dibuka karena masih harus menunggu keputusan Pemprov DKI terkait pembukaan kembali tempat wisata di Ibu Kota.
​​
Baca juga: DKI cegah rabies melalui perawatan hewan di penampungan Ragunan

Karena itu, dia menambahkan akan memgacu pada keputusan pemerintah terkait kebijakan operasional.

"Sampai saat ini kita belum ada instruksi, terkait pengunjung kita nanti ketentuannya seperti apa. Jadi kita juga belum tahu ini instruksinya untuk TMR dibuka apakah boleh untuk di bawah anak 12 tahun atau anak di atas 12 tahun," katanya.

Endah memastikan sejumlah sarana prasarana protokol kesehatan sudah disiapkan, seperti, alat pengukur suhu hingga tempat cuci tangan.

"Persiapkan kayak terkait protokol kesehatan, di depan nanti kita kayak pengukur suhu, dan dalam kita akan siapkan lagi tentang pengunjung untuk jaga jarak," ungkap Endah.

Baca juga: Satwa Ragunan rutin dicek selama PPKM

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021