Tangerang (ANTARA) - Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Yusharto Huntoyungo mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten yang menghadirkan gerai vaksinasi COVID-19 pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 desa di daerah itu.

"Sesuai dengan surat dari Mendagri pada tanggal 8 Oktober 2021, diharapkan rangkaian Pilkades menjadi ajang percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19," kata Yusharto usai meninjau pelaksanaan Pilkades serentak di TPS 4 di Desa Bojongkamal, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, Minggu.

Baca juga: Pemkab Tangerang pastikan gelar pilkades di 77 desa pada 10 Oktober

Ia mengatakan dengan adanya gerai-gerai vaksin di setiap tempat pemilihan suara (TPS) tersebut, diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi demi mewujudkan kekebalan komunal sekaligus mendukung percepatan program vaksinasi.

"Dengan kehadiran gerai ini bisa diikuti oleh warga setempat dengan sukarela melaksanakan vaksinasi di TPS masing-masing," katanya.

Ia menyebut pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia untuk melihat jalannya proses pada pemilihan kepala desa di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

"Pilkades sekarang masih dalam kondisi pandemi COVID-19, tetapi Pilkades di Kabupaten Tangerang sudah ada gerai vaksinasi COVID-19 dan ini menjadi inovasi baru," ujarnya.

Baca juga: PPKM darurat diterapkan, Bupati Tangerang tunda pilkades di 77 desa

Baca juga: Polresta Tangerang terjunkan 3.000 petugas amankan pilkades


Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan bahwa pada pelaksanaan Pilkades di 77 desa tersebut capaian vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu prioritas Pemkab Tangerang.

Ia mengatakan pelaksanaan Pilkades secara serentak tersebut berjalan lancar dan aman hingga pada akhir pelaksanaan tanpa  kendala berarti. "Adanya gerai vaksin ini juga dapat mempermudah tim medis untuk mendekatkan program vaksinasi pada masyarakat. Semoga pelaksanaan Pilkades kali ini bisa berjalan aman, damai demokratis dan sehat," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021