Kolaborasi dan gotong royong jadi kunci capaian ini
Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan jumlah orang yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 100 juta orang, dengan 57,5 juta orang di antaranya telah mendapatkan dosis lengkap.

"Pemerintah apresiasi seluruh pihak yang bekerja keras dalam menyukseskan program vaksinasi ini," ujar Menteri Johnny dalam siaran pers, Senin.

Menkominfo menjelaskan, vaksinasi dosis pertama terhadap 100 juta orang itu berhasil dicapai dalam kurun waktu 10 bulan sejak penyuntikan perdana vaksin COVID-19 kepada Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021 hingga 10 Oktober 2021.

Baca juga: Menkominfo ingatkan kolaborasi guna wujudkan vaksinasi 70 persen

Capaian ini tentunya tak bisa dilepaskan dari peran serta seluruh bangsa Indonesia, baik dari swasta, organisasi masyarakat, komunitas, dan seluruh lapisan masyarakat.

"Mulai dari mendatangkan vaksin ke Indonesia, distribusi vaksin, penyuntikan vaksin, hingga pengawasan proses vaksinasi melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu, pemerintah sangat mengapresiasi seluruh pihak yang bekerja keras dalam program vaksinasi. Kolaborasi dan gotong royong jadi kunci capaian ini," kata Menteri Johnny.

Selain itu, Menkominfo memaparkan capaian positif juga terlihat dalam realisasi vaksinasi kelompok lansia yang terus meningkat.

Hingga 10 Oktober 2021, tercatat sekitar 7 juta lansia sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, dan sekitar 4,6 juta di antaranya yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

Baca juga: Kominfo dukung integrasi aplikasi untuk program vaksinasi COVID-19

"Meskipun terjadi peningkatan, tetap perlu dipercepat agar kelompok lansia lebih cepat terlindungi," tegasnya.

Menkominfo menambahkan, vaksinasi dosis pertama untuk kelompok remaja juga sudah mencapai sekitar 4 juta orang. Adapun, 2,8 juta di antaranya sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua suntikan vaksin.

"Segera ajak anak kita yang sudah remaja untuk mendapatkan vaksin COVID-19 supaya mereka lebih terlindungi ketika menjalankan Pendidikan Tatap Muka Terbatas," ujar Mengkominfo.

Di sisi lain, ia juga memastikan pemerintah akan bekerja lebih keras lagi agar dapat mencapai 70 persen sasaran yang mendapatkan vaksin pada akhir tahun ini. Menkominfo mengajak semua orang untuk bahu membahu mencapai target tersebut.

"Pemerintah mengimbau untuk tetap disiplin memakai masker, hal ini tidak boleh dilupakan, Kita jangan lengah karena masih ada negara lain yang terjadi peningkatan kasus," katanya.

Baca juga: 5,2 juta dosis vaksin Sinovac dan Sinopharm tiba di Indonesia

Baca juga: 1,1 juta dosis vaksin Pfizer tahap tiga dari AS tiba di Indonesia

Baca juga: Info lengkap vaksinasi COVID-19 tersedia di s.id/infovaksin

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021