Ketua DPD RI ingatkan Pemda tidak tunda pembangunan jalan

Ketua DPD RI ingatkan Pemda tidak tunda pembangunan jalan

Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. ANTARA/HO-DPR RI

Surabaya (ANTARA) -
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan pemerintah daerah agar tidak menunda pembangunan infrastruktur jalan karena warga sudah menunggu 25 tahun agar pembangunan jalan terealisasi.
 
"Jalan merupakan akses utama bagi masyarakat, serta berperan besar guna menopang aktivitas ekonomi. Seharusnya pembangunannya mendapat prioritas utama," kata LaNyalla di Surabaya, Selasa.

LaNyalla menegaskan hal itu ketika menanggapi rencana pembangunan ruas jalan Cijalur-Bahbul, Maja, Kabupaten Lebak, Banten, yang baru akan dibangun akhir tahun 2021.
 
Di sela masa reses di Jawa Timur, LaNyalla mengatakan bahwa akses jalan selain untuk kegiatan ekonomi, juga nonekonomi seperti akses kesehatan dan pendidikan.
 
Oleh karena itu, bagi pemerintah daerah yang pembangunan infrastruktur jalannya masih rendah, LaNyalla meminta untuk mempercepat prosesnya.
 
"Keluhan-keluhan masyarakat soal kerusakan jalan yang telah lama terjadi. Kondisi seperti ini harus direspons cepat," katanya.
 
Ditekankan pula Pembangunan jalan juga harus sesuai dengan standar sehingga tahan lama. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah segi pemeliharaan.
 
"Pemerintah daerah dengan alokasi anggaran yang cukup, bersama masyarakat harus merawat jalan yang sudah dibangun dengan baik. Dengan demikian, jalan tersebut dalam kondisi aman sampai dengan tercapainya umur rencana yang telah ditentukan," katanya.

Baca juga: Ketua DPD RI ajak dukung Sasando jadi warisan budaya dunia UNESCO

Baca juga: LaNyalla: Utusan Golongan dan DPD RI secara substansi sama
Pewarta : A Malik Ibrahim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021