Wali kota Jayapura bakal gelar event manfaatkan arena selam laut PON

Wali kota Jayapura bakal gelar event manfaatkan arena selam laut PON

Atlet selam laut putri Jawa Barat Amarrisa Fadiah memacu kecepatannya pada final selam laut 6.000m putri PON Papua di Teluk Yos Sudarso, Kota Jayapura, Papua, Senin (11/10/2021). Atlet selam laut Papua Annisa Fabiola berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 1 jam 19 menit 12,69 detik, sementara medali perak diraih atlet Jawa Timur Priscillia Gunawan (1 jam 19 menit 13,27 detik) dan medali perunggu diraih atlet Jawa Barat Amarissa Fadiah (1 jam 22 menit 2,24 detik). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

Jayapura (ANTARA) - Wali kota Jayapura Benhur Tomi Mano berencana menggelar banyak event olahraga untuk memanfaatkan arena selam laut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlokasi di Teluk Yos Sudarso, Jayapura.

Benhur mengungkapkan pekan olahraga daerah, baik tingkat kabupaten, kota maupun provinsi, bisa jadi ajang yang akan digelar di arena selam laut, sekaligus arena tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk membina atlet-atlet Papua.

"Jangan sampai venue ini rusak, kita akan buat event-event tingkat kota bahkan provinsi," ujar Benhur kepada Antara yang ditemui di arena selam laut, Rabu.

"Supaya kita membagikan semangat olahraga ini karena saya lihat kontingen Papua sangat jarang mengikuti lomba ini mungkin sebagai ajang pembinaan para atlet," dia melanjutkan.

Tak tanggung-tanggung, Benhur berkeinginan Teluk Yos Sudarso, yang menjadi arena cabang olahraga renang perairan terbuka dan selam laut PON Papua dapat dijadikan tempat program pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk mempersiapkan atlet mengikuti sejumlah turnamen.

"Bisa menjadi tempat pelatnas untuk Indonesia di tempat ini karena fasilitasnya sangat lengkap dan bagus," kata Benhur.

Lebih dari itu, lokasi arena yang berada di pusat kota, menurut Benhur, menjadi nilai tambah mengingat arena olahraga selam laut maupun renang perairan terbuka biasanya berada jauh dari kota.

"Ini juga bisa melihat keindahan kota Jayapura dan banyak atlet mengaguminya," ujar Benhur.

Wakil Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sarman Simanjorang menyebut lokasi renang perairan terbuka Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua di Teluk Yos Sudarso luar biasa dan layak untuk menggelar kejuaraan nasional dan internasional.

Sementara itu, Technical Delegate (TD) Selam, Amir Husein, mengatakan dermaga apung cabang olahraga selam yang dibangun di depan Kantor Gubernur Dok II Jayapura merupakan yang terbaik sepanjang sejarah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional.

Atlet selam laut wakil tuan rumah Papua, Annisa Fabiola, juga memuji keindahan arena dengan air yang jernih, bahkan saat bertanding dia mengaku menikmati ikan-ikan yang ada di dalam laut.

Sementara cabang olahraga renang perairan terbuka telah berakhir, selam laut masih berlangsung. Mempertandingkan total delapan nomor, cabang olahraga yang dimulai Senin (11/10) bergulir selama empat hari hingga Kamis (14/10).

Baca juga: Cabang olahraga selam laut PON Papua mulai bergulir
Baca juga: POSSI Papua berharap atlet dapat gambaran dari test event
Baca juga: POSSI sebut arena cabang olahraga selam laut sudah 80 persen
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021