Jakarta (ANTARA) - Atlet renang sekaligus kreator konten Timotius Mulyadi membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan jika Anda juga ingin menjadi seorang kreator konten.

Menurut Timotius pada diskusi virtual yang digelar TikTok, Kamis, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenal diri sendiri.

Baca juga: Tips bikin video transisi TikTok keren

"Kalian itu minatnya di mana, suka apa, hobi kalian apa. Itu untuk jadi awal dari apa yang akan kalian buat," kata atlet peraih medali perunggu dari cabang olahraga renang perairan terbuka di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua itu.

Kedua, kata Timotius, mulailah menunjukkan diri dengan membuat konten dengan tidak melupakan teknik editing yang kreatif.

"Pastinya di TikTok sudah tersedia, kalian bisa mengedit di situ. Filter dan fitur juga sudah lengkap. Kalian tinggal tuangkan aja," tambahnya.

Ketiga, Timotius mengatakan pentingnya melakukan evaluasi terhadap konten-konten yang telah dibuat agar bisa lebih mengembangkan potensi diri.

"Misalnya, di konten sebelumnya kayaknya kurang di pencahayaan atau gerakannya kurang. Nah itu dievaluasi sehingga lebih baik ke depannya," ujar Timotius yang jumlah pengikutnya telah mencapai 3,4 juta di TikTok.

Terakhir, Timotius mengingatkan bahwa kreator konten harus bisa menyesuaikan dengan tren yang ada agar kontan yang dibuat bisa relevan dengan banyak orang.

"Kita gak bisa hanya mengandalkan apa yang kita mau. Tapi juga harus bisa menyesuaikan sehingga yang melihat bisa relate," katanya.

Di samping kegiatannya sebagai atlet, Timotius memang selalu aktif di media sosial, salah satunya TikTok, dengan membuat beragam konten mulai dari konten hiburan hingga edukasi dan selalu berinteraksi dengan para pengikutnya.

"Di TikTok aku share apapun, mulai dari joget bahkan share tips makan sehat. Tentu saja aku juga memperhatikan panduan komunitas TikTok," ujarnya.


Baca juga: TikTok kini sediakan tips "physical distancing" hingga jaga imun

Baca juga: Langkah tumbuhkan kebiasaan baik di media sosial selama Ramadhan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021