Basarnas siap beri pelatihan potensi SAR di Sitaro

Basarnas siap beri pelatihan potensi SAR di Sitaro

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Bupati Sitaro Evangelin Sasingen (ANTARA/HO-Humas Basarnas Manado)

Manado (ANTARA) - Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan kesiapan untuk memberikan pelatihan bagi potensi SAR di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara.

"Bersedia menyiapkan tenaga yang mumpuni untuk memberikan pelatihan SAR dan membina potensi SAR yang ada di Kabupaten Sitaro," katanya saat menerima kunjungan Bupati Kepulauan Sitaro Evangelin Sasingen di Jakarta, Kamis, melalui keterangan tertulis.

Ia menyambut positif keinginan bupati setempat itu dan segera ditindaklanjuti untuk pelaksanaannya.

Bupati Kabupaten Sitaro  Evangelin Sasingen menyampaikan tujuan utama kedatangan ke Basarnas untuk berkoordinasi lebih lanjut.

“Apabila berkenan, ada Pos SAR yang dibangun di daerah kami," katanya.

Baca juga: Basarnas latih potensi SAR di lima destinasi super prioritas

Pada kesempatan itu, ia juga berterima kasih karena Basarnas, khususnya Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado dalam membantu daerah setempat untuk penanganan bencana.

"Basarnas Manado sangat sigap dan selalu hadir di tengah-tengah kami pada saat terjadi bencana,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa daerahnya sering kali terjadi bencana.

“Bencana sudah jadi langganan di tempat kami, topografi di sana daerah pegunungan dan bebatuan. Ketika terjadi bencana, kami kesulitan untuk evakuasi karena banjir bandang di tempat kami unik, lebih banyak material yang turun dibandingkan air,” katanya.

Kabupaten Kepulauan Sitaro memiliki 47 pulau, di antaranya 10 pulau yang berpenghuni, dan wilayahnya meliputi 10 Kecamatan.

Pada kunjungan ke Kantor Basarnas itu, Bupati Evangelin Sasingen didampingi Kepala Basarnas Manado Suhri N.N. Sinaga, Kepala BPBD Kabupaten Sitaro, serta Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro.

Pada kesempatan itu, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi didampingi Dianta Bangun, selaku Sestama Basarnas dan Suparmono, selaku Deputi Bidang Sarana dan Prsarana dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan.

Baca juga: Basarnas latih ribuan relawan kemampuan pertolongan korban bencana
Baca juga: Basarnas Kendari latih 40 potensi SAR soal SOP operasi penyelamatan
Baca juga: Basarnas gelar pelatihan potensi SAR di Mentok
Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021