Komunitas Partner GoFood dinilai efektif dorong perkembangan UMKM

Komunitas Partner GoFood dinilai efektif dorong perkembangan UMKM

Semarak 1 Tahun KOMPAG (ANTARA/HO) (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dinilai banyak memberikan bantuan kepada Usaha Mikro Kecil Menenganh (UMKM) untuk bertahan bahkan berkembang di masa pandemi COVID-19, karena dapat meningkatkan keterampilan mitra UMKM.

"Kami mempelajari bahwa dukungan edukasi dan pengembangan kapasitas melalui Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) penting dilakukan agar UMKM dapat meningkatkan keterampilan dan mampu bersaing di tengah kompetisi bisnis kuliner yang semakin ketat," ungkap Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo dalam sambutannya, Jumat.

KOMPAG kini bertumbuh menjadi wadah UMKM terbesar diikuti oleh lebih dari 107 ribu UMKM kuliner dari 70 kota di Indonesia untuk menambah ilmu, berkolaborasi, dan berjejaring. KOMPAG memiliki serangkaian program pelatihan dan kesempatan berjejaring, di mana ratusan ribu UMKM kuliner berhasil meningkatkan keterampilan bisnis.

Baca juga: Gojek perkenalkan solusi iklan digital GoAds

Baca juga: Mantan pegawai ini buka 5 cabang kue pancong, berdayakan anak yatim


Melanjutkan kesuksesan yang sudah terbentuk, KOMPAG pada 2022 akan mengusung dua poin penting untuk tetap bisa menjaga kesuksesan dari para mitranya.

"Pertama Mentorship & Pelatihan Tersegmentasi, dimana anggota KOMPAG yang dibagi berdasarkan kategori keaktifan bisa mengikuti sesi workshop rutin mingguan di Live NGOPI (Ngobrol Pintar) Workshop bersama Mentor GoFood dan mendapatkan program mentorship eksklusif," kata dia.

Selanjutnya KOMPAG mendukung Peningkatan Skala Bisnis UMKM GoFood. Selain mengikuti pelatihan yang dipandu oleh mentor, para mitra UMKM kuliner juga bisa mendapatkan tips sukses mengelola bisnis secara mandiri lewat aplikasi GoBiz dan mengakses menu ‘BizTips’.

"Berkat kegigihan mitra UMKM serta dukungan GoFood, rata-rata pendapatan bulanan mitra UMKM kuliner yang bergabung di masa pandemi hingga kini (Q2 2020 - Q3 2021) meningkat hingga 7 kali lipat. Inilah yang terus memotivasi kami untuk berinovasi dan memperkuat wadah edukasi serta berjejaring, KOMPAG," ujar dia.

Kompag yang kini telah memasuki usia ke-2 ini akan kembali mengadakan Semarak KOMPAG dengan mengundang pakar industri kuliner, seperti Hendy Setiono (Founder & Group CEO Baba Rafi Enterprise). Hadir pula Danu Sofwan (Founder Radja Cendol, Es Teh Indonesia, Basreng Gonjreng), dan Nanang Suherman (Owner Ayam Goreng Nelongso) untuk mengisi sesi edukasi dengan mengusung tema ‘Strategi Cuan Bisnis Kuliner Online dengan Modal Usaha Rumahan’.

Kompag terbuka luas bagi seluruh mitra usaha GoFood. Untuk bergabung, mitra bisa mengisi form registrasi di Facebook Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) yang dapat diakses melalui tautan bit.ly/KOMPAGFB.

Baca juga: GoFood dorong kemajuan usaha kuliner lewat edukasi-jejaring KOMPAG

Baca juga: GoTo Financial tingkatkan peluang bisnis UMKM ritel lewat KONTAG

Baca juga: GoFood bagi-bagi ribuan tas khusus pengantaran makanan untuk driver
Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021