Universitas Muhammadiyah Pontianak terpilih perguruan tinggi sehat

Universitas Muhammadiyah Pontianak terpilih perguruan tinggi sehat

Kegiatan sosialisasi Health Promoting University di Universitas Muhammadiyah Pontianak (ANTARA/Dedi)

Pontianak (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Pontianak terpilih menjadi salah satu dari 23 perguruan tinggi di berbagai wilayah di Indonesia menjadi perguruan tinggi pelopor untuk program Health Promoting University (HPU).

"HPU Universitas Muhammadiyah Pontianak dinamai dengan Health Pioneer Campus (HPC), sebagai simbol kampus pelopor program kampus sehat di wilayah Provinsi Kalbar. HPU ini diinisiasi oleh ASEAN University Network (AUN) divisi Promosi Kesehatan,"Ketua HPC Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dr. Linda Suwarni SKM, M. Kes di Pontianak, Sabtu.

Ia menyampaikan bahwa ada beberapa program yang akan dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Pontianak seperti senam kebugaran dan peregangan, literasi kesehatan, program layanan Posbindu, inisiasi layanan kesehatan mental, inisiasi klinik berhenti merokok serta revitalisasi klub olahraga untuk dosen, tenaga kependidikan serta mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak.

"Dikarenakan jarangnya aktivitas fisik, masih banyaknya civitas yang merokok, jarang mengonsumsi buah dan sayur dan seringnya mengonsumsi gorengan dan makanan junk food yang dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung koroner, kanker, stroke dan lain-lain. Sehingga dapat mengganggu produktivitas maka kegiatan HPU ini sangat perlu untuk dilaksanakan," jelas dia.

Ia menambahkan HPC juga akan menambahkan program pemeriksaan rutin untuk civitas akademika seperti cek gula darah, asam urat, kolesterol, tekanan darah dan lemak tubuh.

"Kami juga menyelenggarakan sosialisasi program HPU dengan pimpinan fakultas, ketua lembaga/unit, perwakilan mahasiswa. Untuk program HPU di Universitas Muhammadiyah Pontianak ditandai dengan penandatanganan komitmen penyelenggaraan kampus sehat 2021 yang sudah dilaksanakan pada pada 9 Oktober 2021 lalu di Kampus UGM, Yogyakarta," katya dia.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dr. Doddy Irawan, ST, M. Eng mengatakan pihaknya mendukung dalam program pengembangan HPU di lingkungan kampus melalui berbagai program dan pendekatan untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat dan sejahtera, serta memberdayakan civitas akademika untuk bisa mencapai potensi yang optimal.

"Kampus sehat menjadi modal dasar dalam melahirkan calon pemimpin masa mendatang. Harapan ke depannya dengan lingkungan yang sehat, gaya hidup yang sehat, dan kegiatan-kegiatan yang menyehatkan, kondisi kesehatan tenaga pendidik, kependidikan serta mahasiswa bisa menjadi lebih baik," jelas dia.
Baca juga: Kemdikbud dorong kampus sehat dan bebas dari kekerasan seksual
Baca juga: Kemkes RI dan Unand Padang luncurkan program kampus sehat
Baca juga: "Kampus Sehat" untuk menjaga bonus demografi Indonesia dari penyakit
Pewarta : Dedi
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021