Sudah siap logistik utamanya, yakni perahu karet guna membantu proses evakuasi warga di kawasan rawan banjir yang telah kami petakan
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendistribusikan logistik guna mengantisipasi musim penghujan 2021  ini dengan prioritas sejumlah kawasan rawan banjir di daerah itu.

"Sudah siap logistik utamanya, yakni perahu karet guna membantu proses evakuasi warga di kawasan rawan banjir yang telah kami petakan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Bekasi Muhammad Said di Cikarang, Rabu.

Ia mengaku BPBD Kabupaten Bekasi saat ini baru memiliki sebanyak 45 perahu karet dan delapan mesin tempel untuk penanganan musibah banjir tahunan di wilayahnya.

Menurut dia ketersediaan logistik tersebut dinilai belum maksimal mengingat ada ratusan titik banjir di wilayahnya. Berkaca pada tahun 2020 saja, ada 153 titik banjir di 20 dari total 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi dengan jumlah peta sebaran di 93 desa.

Beberapa perahu saat ini telah ditempatkan di titik terparah saat banjir melanda pada awal tahun 2021 lalu seperti di Kecamatan Pebayuran dan Cabangbungin sedangkan di wilayah yang banjirnya tidak terlalu parah juga disiagakan satu unit perahu karet.

"Dalam satu kecamatan bisa saja menyimpan dua sampai tiga perahu, ada juga yang satu. Semua sudah dipersiapkan sesuai dengan logistik yang kita punya," katanya.

Selain memastikan kesiapan logistik, pihaknya juga melakukan koordinasi bersama Forkopimda, komunitas, hingga relawan bencana untuk membantu BPBD mana kala banjir parah seperti awal tahun kembali terulang.

Pihaknya juga telah membentuk sekaligus membina relawan desa dan kelurahan tangguh bencana yang kini sudah menjangkau sebanyak 21 desa rawan bencana.

"Apabila terjadi kondisi banjir parah maka kami juga akan berkolaborasi dan bersinergi dengan seluruh pihak, termasuk bantuan relawan dari luar Bekasi karena personel kami hanya 45 orang saja," demikian Muhammad Said .

Baca juga: Di tanggul kritis Cabangbungin, BPBD Bekasi tanam 3.000 bambu

Baca juga: 21 kecamatan di Kabupaten Bekasi rawan banjir

Baca juga: Minimalisasi risiko bencana, BPBD Bekasi petakan wilayah rawan longsor

Baca juga: Perumahan klaster COVID-19 disemprot disinfektan BPBD Bekasi

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021