Batusangkar (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar memberikan penghargaan kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra sebagai apresiasi pembina ProKlim pada Festival Program Kampung Iklim (Proklim) 2021.

Penyerahan penghargaan itu dilakukan secara virtual langsung dari Gedung Manggala Wanabakti di Jakarta, Selasa (19/10).

Menteri Siti Nurbaya Bakar mengatakan penghargaan dan apresiasi diberikan kepada masyarakat yang telah melakukan aksi nyata di lokasi-lokasi Proklim dan juga kepada pemerintah daerah yang telah melakukan pembinaan dan pendampingan masyarakat

Pelaksanaan Proklim juga merupakan langkah strategis untuk membangun kolaborasi berbagai pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim dengan basis masyarakat yang dilaksanakan pada berbagai lokasi.

"Program Kampung Iklim contoh nyata adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang terus dapat memberi manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pengurangan resiko bencana iklim," katanya.

Baca juga: Kabupaten Balangan terima penghargaan Proklim dari KemenLHK

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Lingkungan Hidup (Perkim LH) Tanah Datar Dessy Trikorina mengatakan penghargaan skala nasional yang diterima bupati sudah keempat kalinya sebagai pembina Proklim.

Untuk penghargaan lainnya, seperti Kelompok Wanita Tani (KWT), mengalami peningkatan prestasi, di mana tahun sebelumnya Kabupaten Tanah Datar hanya memperoleh Sertifikat Proklim Utama, tahun ini memperoleh Proklim Utama Tropi dan Sertifikat Proklim Utama.

"Penghargaan yang kita dapatkan ini berkat kerja sama semua pihak terkait, kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah daerah serta upaya-upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, dan alhamdulillah dua KWT juga menerima penghargaan di ajang ini, sangat luar biasa," katanya.

Ia berharap, prestasi yang didapat tahun ini menjadi acuan untuk meningkatkan raihan prestasi tahun mendatang.

"Kita sangat optimis tahun berikutnya ada peningkatan prestasi, tidak ada yang tidak mungkin jika semua pihak bekerja sama, baik pemerintah, perguruan tinggi, dan dunia usaha," ujarnya.

Baca juga: Tiga wilayah di Kaltim raih tropi Proklim Nasional
Baca juga: Proklim berkontribusi turunkan emisi 761.445,1 ton CO2e

 

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021