vaksinasi ini menyangkut masalah kesehatan yang sangat dekat dengan keluarga dan tumpuannya itu ibu rumah tangga
Makassar (ANTARA) - Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman kagum dengan kekuatan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang mampu menggerakkan 56.000 warga untuk mengikuti  Program Kebut Vaksinasi dalam sehari pada 29 September 2021.

"Satu hari kerja PKK sebanding dengan 15 hari 'mobile vaccinator' kami bergerak. Inilah sebenarnya kekuatan ibu-ibu dalam menggerakkan warga untuk divaksin," kata Andi Sudirman pada Ramah Tamah dan Apresiasi Kebut Vaksinasi Tim Penggerak PKK Se-Sulsel di Makassar, Rabu.

"Karena vaksinasi ini menyangkut masalah kesehatan yang sangat dekat dengan keluarga dan tumpuannya itu ibu rumah tangga," sambung Andi Sudirman.

Baca juga: Satgas Sulsel catat angka kesembuhan pasien COVID-19 terus meningkat

Plt Ketua TP-PKK Sulsel Naoemi Octarina, bersyukur pelaksanaan Kebut Vaksinasi COVID-19 serentak TP-PKK berjalan dengan baik dan memuaskan.

"Ini tentu saja 'support' dari Pemprov Sulsel dan merupakan inisiatif dari Bapak Plt Gubernur untuk melibatkan PKK dalam program ini," katanya.

Ia menyebutkan bahwa di Sulsel terdapat 3.047 desa/kelurahan yang juga di dalamnya terdapat TP-PKK sehingga bagaimana kekuatan ibu-ibu PKK dapat dimanfaatkan untuk bisa mewujudkan program vaksinasi ini.

Baca juga: Dinkes Sulsel: Cakupan vaksinasi di sejumlah daerah melambat

Ia juga menyampaikan untuk keberlanjutan program ini, sebanyak 9 mobile vaccinator milik Pemprov Sulsel akan diterjunkan ke kabupaten/kota.

"Mobile vaccinator kita nanti akan diterjunkan ke Jeneponto, sehingga melalui TP-PKK bisa tercapai 30 ribu yang bisa divaksin. Alhamdulillah semua mendapat support dan terima kasih banyak atas supportnya terhadap program PKK," ujarnya.

Pemprov Sulsel juga tidak lupa memberikan penghargaan kepada daerah yang paling tinggi tingkat cakupan vaksinasinya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Lapas Anak Maros Sulsel capai 98,96 persen

Adapun pemenang pertama tingkat kabupaten/kota yakni Kabupaten Gowa, disusul Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang sebagai juara ketiga.

Sedangkan untuk tingkat kecamatan diraih oleh Juara 1 Kecamatan Soreang Kota Parepare, Juara 2 Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto dan juara tiga Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros.

Untuk tingkat desa dan kelurahan juara 1 diraih Kelurahan Amasangan Kecamatan Wara Kota Palopo, juara dua Desa Buntu Tangti Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja dan juara tiga Desa Lompoloang Kecamatan Pitungpanua Kabupaten Wajo.

Baca juga: Menpan-RB pantau percepatan vaksinasi COVID-19 di Sulsel

Ketua panitia kegiatan dr Haeryah Bohari menyampaikan capaian vaksinasi dalam sehari yang dilakukan oleh PKK di Sulsel pada 29 September 2021 sebanyak 56.910 vaksinasi.

Sementara untuk pemenang, kata dia, ditetapkan dengan beberapa pertimbangan di antaranya capaian tertinggi diambil dari data yang terinput ke aplikasi P-Care, kecepatan dan ketepatan pemasukan data.

Data yang masuk ke panitia pengumpul data kemudian dikonfirmasikan dengan data Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Baca juga: 93,76 persen warga binaan di Sulsel sudah divaksinasi COVID-19

Baca juga: PKK Sulsel siapkan hadiah daerah dengan vaksinasi COVID-19 terbanyak

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021